Connect with us

Budaya&Pariwisata

Upaya Pertama Ekskavasi Candi Sepi Angin Belum Temukan Struktur.

Published

on

Upaya Pertama Ekskavasi Candi Sepi Angin Belum Temukan Struktur.

Rasi Fm – Upaya ekscavasi yang dilakukan oleh BPCB Trowulan terhadap keberadaan Objeck Diduga Benda Cagar Budaya di reruntuhan candi Sepi Angin belum membuahkan hasil.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan Joko Trihono mengatakan, dari hasil test speed penggalian yang dilakukan beberapa waktu lalu Tim dari BPCB Trowulan belum menemukan adanya struktur candi.

Baca Juga:  Ziarah 7 Tokoh Pendiri Magetan, Ini Harapan Bupati Magetan di Hari Jadi ke 347.

“Perwakilan dari BPCB bersama 6 orang melakukan test speed di Sepi Angin dan belum menemukan struktur yang mengarah bawah itu sebuah reruntuhan candi,” ujarnya.

Joko Trihono menambahkan, meski belum menemukan adanya sebuah struktur bangunan namun pihak BPCB meyakini bangunan tersebut merupakan bangunan candi yang disucikan di bagian wilayah timur Gunung Lawu. Pada reruntuhan candi tersebut memang ditemukan adanya reruntuhan bagian dari kala atau bagian atas dari sebuah bangunan candi.

Baca Juga:  Turun Level 1 Polres Siap Bantu Pelaksanaan Vaksin Covid 19 Hingga 100 Persen

“Artinya walau diatas itu ditemukan batu kala setelah dilakukan test speed penggalian belum menemukan struktur itu, namun BPCB masih punya harapan bahwa disitu merupakan bangunan BPCB, “ imbuhnya.

Gunung Lawu dipercaya merupakan gunung suci dimana disekitar gunung Lawu ditemukan adanya banguan suci dan petirtan suci yang merupakan tanda keberadaan gunung Suci Lawu. Di Bagian Barat Gunung Lawu ditengarai dengan adanya Candi cetho sementara di Bagian Timur Gunung Lawu ditemukan adanya reruntuhan candi sepi angin. (DmS)

Baca Juga:  Mengenal Menu Nasi Jagung Dan Botok Ares Sajian Khas Haul Ki Hajar Wonokoso.

 90 total views,  6 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2020 Rasi News | PT. RADIO SWARA SARANGAN INDAH FM