Connect with us

Budaya & Pariwisata

Tembus 24.000 pengunjung Sehari, Destinasi Wisata Magetan Sumbang PAD Lebih dari Rp 2 M.

Published

on

Tembus 24.000 pengunjung Sehari, Destinasi Wisata Magetan Sumbang PAD Lebih dari Rp 2 M.

RASI FM – Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan, Jawa TImur mencatat destinasi Wisata Telaga Sarangan dikunjungi 23.911 wisatwan di H+ 3 di libur lebaran. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan Joko Trihono mengatakan, jumlah pengunjung Telaga Sarangan yang mencapai hampir 24.000 wisatawan merupakan jumlah tertinggi selama ini.

“ Pengunjung pada H+3 sebanyak 23.900 lebih pengunjung, ini merupakan jumlah terbanyak selama ini. Tahun sebelumnya sekitar 21.000 lebih,” ujarnya ditemui di pendopo Surya Graha Minggu (14/4/2024).

Baca Juga:  Kisah Pembatik Ciprat Langitan Dari Simbatan

Joko Trihono menambahkan, selama libur lebaran destinasi Telaga Sarangan dikunjungi lebih dari 30.000 lebih wisatawan di musim libur lebaran. Dari pendapatan tiket pengunjung Telaga sarangan berhasil menyumbang 11 persen lebih target PAD dari sekto pariwisata.

“ Target PAD dari sector wisata tahun ini Rp 23 miliar, kunjungan wisawatan di libur lebaran tahun ini menyumbang sekitar lebih dari 11 persen target PAD,” imbuhnya.

Dengan peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Telaga Sarangan lahan parkir masih menjadi kendala bagi wisatwan. Pemrintah daerah rencananya akan memperluas lahan parkir dimana sat ini daya tampung parkir hanya mampu menampung 75 bus.

Baca Juga:  Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan Targetkan PAD 13 Miliar Dari Wisata Libur Lebaran Bisa Tercapai

“ Kita mengatasinya dengan buka tutup jalur ke Sarangan dengana memutar kendaraan sekitar 15 menit, kita mengatur didalam kemudian mengarahkan pengunjung yang masih berada di sekitar Sarangan untuk berkunjung ke sejumlah destinasi yang tak jauh dari sarangan masih bisa mengatasi permasalahan parkir,” ucapnya.

Baca Juga:  Napak Tilas 7 Sumber, Upaya Kecamatan Panekan Mengajak Masyarakat Mengenal Pentingnya Menjaga Keberlangsungan Sumber Air.

Selain mrmperluas lahan parkir Dinas Pariwisata juga akan membuka parkir VIP bagi pengunjung yang memiliki mobil mewah untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Peningkatan jumlah pengunjung denganemngugnakan mobil mewah menurut Joko Trihono juga menjadi upaya pemerintah daerah meningkatkan jumlah kunjungan destinais wisata.

“ Parkir vip untuk menjaga kenyamanan pengunjung yang membawa mobil mewah saat berkunjung ke Sarangan. Ini salah satu upaya untuk peningkatan effort pengunjung Sarangan dikalangan tertentu,” ucapnya. (DmS)

 209 total views,  3 views today

Copyright © 2020 Rasi News | PT. RADIO SWARA SARANGAN INDAH FM