Connect with us

Budaya&Pariwisata

Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan Renovasi Arca Longsor di Desa Manjung.

Published

on

Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan Renovasi Arca Longsor di Desa Manjung.

Rasi Fm – Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan melakukan renovasi terhadap keberadaan arca bertarikh 1099 masehi di Desa Manjung Kecamatan Panekan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan Joko Trihono mengatakan, renovasi dilakukan karena arca yang berada di persawahan milik warga tersebut longsor dikarenakan pergeseran tanah yang tergerus oleh air hujan. Arca yang tadinya berdiri kemudian rebah, untuk menjaga kelestariannya Dinas Pariwisata mengembalikan letak arca sesuai dengan koordinat awal keberadaan arca tersebut.

Baca Juga:  Tahun Ini Pemkab Magetan Masih Akan Melakukan Moratorium Ijin Tambang.

Joko Trihono menambahkan, Sebelumnya ada upaya oleh masyarakat pelestari peninggalan sejarah mengembalikan arca yang mengalami longsor ke koordinat awal keberadaan arca, namun mereka tidak melakukan koordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Pariwisata dan BPCB Trowulan sehingga pengembalian arca tersebut tidak sesuai dengan koodinat awal.

Baca Juga:  Pemprov Jatim Akan Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng Hingga Jelang Ramadhan.

Perlakuan dalam pengembalian arca dengan menyemen bagian dasar arca juga tidak sesuai dengan ketentuan dalam renovasi peninggalan bersejarah sehingga adukan semen tersebut dibersihkan oleh petugas dari Dinas Pariwisata dan BPCB .

Upaya pelestarian dengan mengembalikan arca pada koordinat awal dan pemugaran kembali saat ini masih di lakukan Dinas Pariwisata bekerjasama dengan BPCB Trowulan. Hingga saat ini Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan masih melakukan upaya penggalian sejarah dari keberadaan arca yang terletak di Desa Manjung tersebut. Penggalian informasi dilakukan untuk mengetahui pada jaman kerajaan apa arca tersebut dibangun dan untuk apa fungsi arca yang bertuliskan tahun 1099 tersebut. (DmS)

Baca Juga:  Kesenian Wayang Orang dan Wayang Kulit Akan Ramaikan HUT Magetan Ke 346

 157 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *