Connect with us

Budaya&Pariwisata

Cerita Pembangunan Masjid Ikonik Ki Mageti Yang Dibangun Dari Swadaya Masyarakat 3,5 Miliar

Published

on

Cerita Pembangunan Masjid Ikonik Ki Mageti Yang Dibangun Dari Swadaya Masyarakat 3,5 Miliar

Rasi FM – Destinasi wisata Kebun Bunga Refugia mendapat tambahan fasilitas baru yang cukup iconic yaitu masjid Ki Mageti. Peresmiannya tanggal 12 Oktober 2022 bertepatan dengan HUT Kabupaten Magetan ke 347 tahun.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan Muchtar Wahid selaku ketua panitia pembanguan masjid mengatakan, panitia pendirian masjid terbentuk pada malam 17 Ramadhan atau pas peringatan nuzulul quran. Peletakan batu pertama pembangunan masjid dilakukan pada 19 Syawal atau setelah lebaran tahun 2021 lalu dan pendirian soko guru bertepatan pada 1 muharram.

Baca Juga:  Kisah Kades Suco, Buat Kapal Bajak Laut di Belakang Balai Desa Untuk Geliatkan Perekonomian Warga.

“Tahun baru islam kita mendirikan sokoguru bangunan ini, jadi total pembangunan Masjid Ki Mageti dilaksanakan panitia selama 498 hari,” ujarnya.

Di awal penunjukan panitia tidak ada sepeserpun uang dimiliki oleh panitia untuk mendirikan masjid, ditambah lagi dengan pandemic covid 19 saat itu masih tinggi. Namun tingginya animo masyarakat untuk membantu membuat pembangunan masjid berjalan lancar. Dari perkiraan panitia pembangunan masjid dibutuhkan Rp 3,5 milyar.

Baca Juga:  Dinkes Magetan Akui Ada Kesalahan Input Data Terkait Akte Kematian Suparlan.

“Ini hanya swadaya masyarakat. Niat baik itu diberi jalan oleh Allah SWT. Ada masyarakat dengan kerelaan hati membantu. Dalam kondisi sulit pun mayarakat ikhlas membantu kita,” imbuhnya.

Baca Juga:  Masih Segar Bugar, Suparlan Warga Magetan Menerima Akte Kematian.

Dengan berdirinya masjid Ki Mageti dari swadaya masyarakat menurut Muchtar Wahid sebagai bentuk indikasi sifat ketakwaan dari masyarakat. Penduduk yang memiliki ciri ketakwaan adalah mau berinfak dan mau berbuat baik dalam keadaan lapang maupn sempit.

“Mudah mudahan ini menjadi sebab Allah melimpahkan rahmat dari langit dan bumi di bumi Magetan ini,” ucapnya. (DmS)

 232 total views,  6 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *