Connect with us

Budaya&Pariwisata

Hut 347, Magetan Beri Kado Berdirinya Masjid Ki Mageti Yang Berusia 136 Tahun.

Published

on

Hut 347, Magetan Beri Kado Berdirinya Masjid Ki Mageti Yang Berusia 136 Tahun.

Rasi Fm – Peringati hari Ulang Tahun ke 347 Pemkab Magetan memberikan kado selesainya pembangunan masjid Ki Mageti yang terletak di Kebun Bunga Refugia di Kecamatan Plaosan. Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, masjid Ki Mageti di bangun dari kayu masjid Agung pertama di Magetan yang dibangun pada tahun 1886.

Dengan adanya perkembangan zaman Masjid Agung Magetan kemudian dibangun dengan arsitek lebih modern. Kayu yang merupakan tiang utama masjid dari kayu jati yang berusia ratusan tahun kemudian disimpan di Gudang PUPR.

Baca Juga:  Warga Akan Gelar Kegiatan Bersih Desa, Destinasi Wisata Sarangan Akan Ditutup Hingga Hari Jumat.

Kayu tiang utama dan sejumlah kayu penyangga dan dinding jati yang masih bagus kondisinya kemudian digunakan untuk membangun Masjid di Kebun Bunga Refugia.

“Soko guru ini dulu nganggur di Gudang PUPR, alhamdulillah panitia yang lama masih menyimpan. Soko guru yang utama dan yang lainnya masih ada sehingga saya inisiatif untuk penyelematan krenai ini tidak ternilai,” ujarnya.

Bupati Magetan Suprawoto menambahkan, dengan selesainya pembangunan masjid yang merupakan swadaya masyarakat tepat di hari Ulang Tahun Kabupaten Magetan yang ke 347 tahun merupakan bentuk kebersamaaan antara masyarakat dengan Pemerintah Daerah dalam membangun Magetan. Pembangunan Masjid Ki Mageti menurutnya merupakan upaya menjaga tradisi syiar agama yang diniatkan oleh para pemuka agama pendahulu di Kabupaten Magetan.

Baca Juga:  Penyadaran Publik Pencegahan Tumbuh dan Berkembangnya Perumahan Kumuh Pemkab Serahkan 1.064 RTLH

“Ada yang bantu pasir, urug, sampai kayu jati yang berdiri suruh menebang. Kita umat Islam harus menjaga marwah kita, caranya segala niat yang baik harus diikuti dengan cara yang baik. Oleh karena itu caranya dengan baik, menggali dananya juga dengan cara baik. Tidak ada pemaksaan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Lomba Film Kementerian Desa, Pemuda Kampung Wonomulyo Filmkan Musik Tongling

Rencananya Bupati Magetan Suprawoto akan meresmikan secara langsung pemanfaatan bangunan masjid Ki Mageti yang berada di Kebun Bunga Refugia bertepatan dengan Hari Ulang tahun Kabupaten Magetan yang ke 347 yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2022 besok. (DmS)

 577 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *