Connect with us

Budaya&Pariwisata

Belajar Dari Kunjungan Galeri Industri Kreatif HUB Semarang, Peran Ide Kreatif Menggerakkan Potensi Perekonomian Masyarakat. 

Published

on

Belajar Dari Kunjungan Galeri Industri Kreatif HUB Semarang, Peran Ide Kreatif Menggerakkan Potensi Perekonomian Masyarakat. 

Rasi Fm – Belajar industri kreatif hub rombongan media gathering yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan mengunjungi kawasan Kota Lama di Semarang. Bertempat di gedung milik PPI yang dimanfaatkan untuk galeri industri kreatif hub Semarang, rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian Kota Semarang. Tri Supriyanto.

“Kreatif hub di Semarang mulai dirintis sejak tahun 2017 lalu dalam perkembangannya terkendala covid 19 dengan pembatasan jam operasional dan kembali mulai aktif kembali . Untuk lokasinya ini milik PPI masih pinjam untuk ke depan kita upayakan untuk bisa kita kelola, ” Ujarnya.

Baca Juga:  Tim Sejarah Magetan Tentang Makam Ki Mageti

Dalam perkembangannya terpisahnya Dinas Perindustrian dengan Dinas Perdagangan membuat embrio kreatif hub menjadi tanggung jawab sepenuhnya Dinas Perindustrian. Apalagi plt Wali Kota Semarang Hevearita memberikan perhatian terhadap keberadaan kreatif hub Semarang.

“Untuk kreatif hub kita didorong oleh ibu Plt Walikota Semarang Ibu Hevearita G Rahayu. Dengan terpisahnya antara Dinas Perindusttian dengan Dinas Perdagangan membuat kita fokus untuk kreatif hub dan kita bentuk bidang kreatif hub di Dinas Perindustrian, ” Imbuhnya.

Untuk menjalankan program kreatif hub ditargetkan untuk bidang fashion, furnitur, klitikan dan kuliner. Sementara untuk anggaran penggerak Dinas Perindustrian Kota Semarang menggali dari dana pusat melalui DAK.

Baca Juga:  Reruntuhan Diduga Candi di Sepi Angin Berpotensi Dilakukan Ekskavasi

“Untuk pendanaan kami fokus ke anggaran pusat melalui DAK. Tahun ini untuk pelaku usaha diberi anggaran fisik Rp 28 miliar dari kementrian dan untuk anggaran tahun 2023 sebesar 10, miliar dimana untuk non fisik Rp 2,7 miliar dan sisanya untuk fisik. Kita juga memastikan untuk sentra batik saat ini masih masih melakukan negosiasi,” Ucapnya.

Sementara kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan mengatakan, pihaknya saat ini mulai merintis kreatif hub di Kabupaten Magetan untuk mengangkat potensi baik potensi digital, pariwisata, UMKM serta budaya. Melalui kegiatan kunjungan ke kreatif hub Kita Semarang pihaknya melakukan study tiru terkait pengelolaan dan penggalian anggaran untuk menggerakkan kreatif hub.

Baca Juga:  Ribuan Warga Magetan Ikuti Jalan Sehat Merdeka Ultah Bank Jatim ke 61, Ajak Warga Pulih Lebih Cepat Tumbuh Lebih Kuat.

“Industri kreatif telah berkembang disini dan kreatif hub sudah ada kami belajar disini bagaimana terbentuk bagaimana mewadahi kreatif itu dengan menggandeng semua aektor ekonomi disitu seperti bagaimana klitikan digandeng disini. Bagaimana gedung BUMN itu bisa digunakan secara cuma cuma. Bagaimana kreatifitas bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat, ” Katanya. (DmS)

 200 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2020 Rasi News | PT. RADIO SWARA SARANGAN INDAH FM