Connect with us

Pol&Pem

Godok Raperda Perlindungan Guru, DPRD Magetan Silahkan Non Pendidik Beri Masukan

Published

on

Godok Raperda Perlindungan Guru, DPRD Magetan Silahkan Non Pendidik Beri Masukan

Rasi Fm – DPRD Kabupaten Magetan mempersilahkan tenaga non pendidik memberikan masukan terkait rancangan peraturan daerah Raperda Perlindungan Guru mengingat tenaga non pendidik juga berperan dalam proses pendidikan di Kabupaten Magetan. Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Joko Suyono mengatakan, meski judul raperda inisiatif DPRD Kabupaten Magetan Perlindungan Guru rencananya dalam penjelasan juga akan mengatur tenaga non pendidik yang ada pada Dinas Pendidikan. Melalui masukan tersebut diharapkan raperda yang saat ini digodok bisa menampung dan mengakomodir tenaga non pendidik.
“Kawan kawan PTT bisa nanti, Ini kan dalam proses pembahasan, artinya peraturan ini masih Tarik ulur, bisa menambah atau mengurangi draf yang sudah ada ini. Masih dimungkinkan mengakomodir diruang itu Dan bagi kami untuk menambah perbendaharaan dalam penyusunan raperda ini memerlukan sekali masukan dari kawan kawan PT ini,” ujarnya.
Joko Suyono menambahkan, DPRD Kabupaten Magetan saat ini tengah menggodok rancangan perda inisiatif terkait perlindungan guru non PNS. Raperda inisiatif guru non PNS dimaksudkan untuk memperjuangkan hak guru non PNS baik dari sisi karir maupun penghasilan yang masih dibawah UMK. Melalui perda perlindungan guru tersebut diharapkan ada peningkatan gaji guru diluar PNS sesuai dengan standar upah minimum kabupaten atau UMK yang menyesuaikan kemampuan keuangan pemerintah daerah.
“Nanti akan mengarah ke sana standarisasi gaji. Paling enggak ya, apa mengarah dan menuju ke UMK dan itu tentunya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah juga. Hampir semuanya sekarang ini yang yang masuk K2 yang 15 tahun keatas itu hanya satu bulannya hanya 750. Sementara untuk 2006 kesini satu bulan malah 200 ribuan,” ujarnya.
Tahun 2021 DPRD Kabupaten Magetan menggodog 30 raperda dimana 4 diantaranya merupakan raperda inisiatif DPRD Kabupaten Magetan. Raperda inisiatif DPRD Magetan tersebut diantaranya Raperda Perlindungan Guru Non PNS, Raperda Desa Wsata, Raperda pengurustamaan gender dan Raperda Penyelenggaraan Kearsipan. (DmS)

Baca Juga:  Ribut Ribut PUAP, Kepolisian Resort Magetan Akan Minta Keterangan Sejumlah Camat

 266 total views,  3 views today