Connect with us

Pol&Pem

DPRD Magetan Godok Usulan Perda Terkait Guru Non PNS dan Desa Wisata

Published

on

DPRD Magetan Godok Usulan Perda Terkait Guru Non PNS dan Desa Wisata

Rasi Fm – DPRD Kabupaten Magetan menggodok rancangan perda inisiatif terkait perlindungan guru non PNS dan desa wisata. Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Joko Suyono mengatakan, raperda inisiatif guru non PNS dimaksudkan untuk memperjuangkan hak guru non PNS baik dari karir maupun penghasilan yang masih dibawah UMK. Melalui perda perlindungan guru tersebut diharapkan ada peningkatan gaji guru diluar PNS sesuai dengan standar upah minimum kabupaten atau UMK yang menyesuaikan kemampuan keuangan pemerintah daerah.
“Nanti akan mengarah ke sana standarisasi gaji. Paling enggak ya, apa mengarah dan menuju ke UMK dan itu tentunya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah juga. Hampir semuanya sekarang ini yang yang masuk K2 yang 15 tahun keatas itu hanya satu bulannya hanya 750. Sementara untuk 2006 kesini satu bulan malah 200 ribuan,” ujarnya.
Joko Suyono menambahkan, terkait Raperda Desa Wisata menurut politisi PDIP tersebut bertujuan untuk mengatur pengembangan desa wisata. Menurut wakil ketua KOmisi A tersebut sejauh ini belum ada aturan baik perda maupun perbup yang mengatur peran desa dalam pengembangan destinasi wisata di desa. Dengan perda tersebut diharapkan destinasi wisata di desa bisa berkembang dengan payung hukum yang jelas.
“ Karena sampai hari ini belum ada satupun peraturan atau peraturan daerah atau perbup yang mengatakan bahwa Desa bisa mengatur dan membiayai desanya menjadi desa wisata itu belum ada. Oleh karenanya kita buat perda inisiatif yang ditujukan untuk nanti desa desa yang memang punya potensi wisata baik wisata alam maupun wisata religi dan juga ada aturan-aturan yang memang terkait,“ imbuhnya
DPRD Kabupaten Magetan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan saat ini masih terus melakukan pembahasan terkait 2 perda inisiatif dari DPRD tersebut. (DmS)

Baca Juga:  Polres Magetan Musnahkan Puluhan Knalpot Bronk Hasil Operasi Patuh Semeru 2020

 253 total views,  6 views today