Connect with us

Ekonomi&UMKM

Menguntungkan, Desa Taji Kembangkan Kebun Melon Untuk Karangtaruna.

Published

on

Menguntungkan, Desa Taji Kembangkan Kebun Melon Untuk Karangtaruna.

Rasi Fm – Desa Taji Kabupaten Magetan mengembangkan tanaman melon untuk dibudidayakan oleh karang taruna karena memiliki prospek ekonomi yang cukup tinggi dimasa pandemic covid 19 seperti saat ini. Kepala Desa Taji Sigid Supriyadi mengatakan, sebelumnya pemerintah desa melalui karang taruna pada tahun 2020 telah mengembangkan buah melon dilahan seluas 40 are yang ditangani oleh Karang Taruna.
“Karang taruna sudah nanam itu 40 are, sudah panen dua kali. Terus ini mengembangkan lagi tanah kas Desa, ya disewa juga. Disewa ya dikelola juga, terus hasilnya nanti ya untuk karang taruna. Jadi karang taruna tidak mengharapkan dana dari Desa saja, tapi beliau juga berusaha,” ujarnya.
Sigid Supriyadi menambahkan, dari lahan percobaan seluas 40 are tersebut mampu menghasilkan panen sebanyak 12 ton dengan keuntungan panen mancapi 60 juta rupiah. Desa Taji tahun ini akan mengembangkan buah melon dilahan seluas 1 hektar. Untuk memastikan program pengembangan kebun melon berhasil, pemerintah desa selain menggandeng karang taruna juga menggandeng tenaga ahli untuk perawatan dan pemerliharaan.
“Sudah dua kali panen, kemarin hampir 12 ton, itu ditebas jadi tidak dijual perkilo. Kemarin itu 60 berapa itu sekali panen. Terus berikutnya musim hujan ini hasilnya nggak begitu memuaskan tapi tetap untung. Tafsiran itu tonasenya juga turun harganya juga turun, tapi Alhamdulillah disini berhasil.“
Selain mengembangkan tanaman melon Desa Taji rencananya juga akan mengembangkan pelatihan kerajinan kayu. Di Desa Taji puluhan warga juga telah mengembangkan peternakan kelinci yang juga menguntungkan dimasa pandemic covid 19. (DmS).

Baca Juga:  Agus Layangan, Disabilitas Yang Bisa Selesaikan Layangan Sawangan Dalam 4 Jam

 281 total views,  3 views today