Connect with us

Ekonomi&UMKM

Mengenal Keripik Begagan Buatan Warga Telaga Sarangan Yang Berkhasiat.

Published

on

Mengenal Keripik Begagan Buatan Warga Telaga Sarangan Yang Berkhasiat.

Rasi Fm – Siapa sangka jika menikmati kripik buatan warga Sarangan Kabupaten Magetan ini juga bisa berkhasiat sebagai obat. Pengrajin keripik Waginem warga Telaga Sarangan mengatakan, keripik yang dibuatnya memang dipercaya sebagai obat mengingat keripik yang di buat bukan sembarang keripik. Salah satu keripik yang dibuat Waginem adalah keripik yang berbahan dasar daun begagan yang tumbuh disekitar telaga Sarangan. Daun begagan dipercaya sebagai obat untuk memperlancar asi, meningkatkan kinerja otak dan obat panas dalam.
“Daun begagan itu banyak sekali bisa untuk memperlancar asi, meningkatkan kinerja otak , bermacam macam. Bisa juga untuk obat panas dalam kalau direbus. Khasiatnya sama kalau dibuat keripik,” ujarnya.
Sayangnya bahan baku begagan yang tumbuh di sekitar telaga Sarangan sangat terbatas sehingga tidak satiap hari Waginem membuat keripik begagan. Terkadang sebulan Waginem hanya bisa membuat keripik begagan satu kali saja. Selain keripik begagan, waginem juga memanfatkan hasil pertanian warga sekitar telaga sarangan untuk membuat keripik seperti keripik kentang, keripik tempe dan keripik jamur kuping.
“ Tumbuhnya begagan itu kadang musim panas tidak ada. Sekilo ini isinya banyak, orang kita ambil banyak jadinya cuman sedikit,”imbuhnya.
Untuk produk keripik buatannya, waginem mengaku tidak susah untuk menjualnya karena setiap hari dia berjualan di pinggir telaga atau keripik buatannya dia titipkan di toko oleh oleh khas Magetan yang ada di sekitar telaga Sarangan. Satu bungkus keripik begagan buatannya Waginem mematok harga Rp 10.000. (DmS)

Baca Juga:  Cara Hindari Lonjakan Pembayaran Listrik Jika Pemerintah Hentikan Program Listrik Gratis di Masa Pandemi Covid 19.

 184 total views,  6 views today