Connect with us

Politik & Pemerintahan

Wakil Ketua DPRD Magetan Apresiasi Forum Konsultasi Publik, Harusnya Dilaksanakan Di Beberapa Wilayah.

Published

on

Wakil Ketua DPRD Magetan Apresiasi Forum Konsultasi Publik, Harusnya Dilaksanakan Di Beberapa Wilayah.

Rasi Fm – Wakil Ketua DPRD Magetan memberikan apresiasi pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Magetan Tahun 2024-2026 di Pendopo Surya Graha. Wakil Ketua DPRD Magetan Pangajoman mengatakan, meski kegiatan Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Magetan Tahun 2024-2026 merupakan produk peraturan bupati namun pemerintah daerah tetap melibatkan DPRD Kabupaten Magetan.

Baca Juga:  Puluhan Destinasi Wisata di Magetan Siap Sambut Pengunjung Secara Prokes

“Kita apresiasi Pemkab Magetan yang telah melibatkan DPRD di dalam penyusunan RKPD baik dalam Forum Konsultasi Publik maupun di Forum Perangkat Daerah, walaupun produk akhirnya nanti adalah Peraturan Bupati, tetapi pemda tetap mengikutsertakan keterlibatan DPRD di dalam penyusunan RPD ini,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Magetan Pangajoman menambahkan, Forum Konsultasi Publik merupakan sarana mewujudkan aspek partisipatif dari seluruh elemen masyarakat. Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik menurutnya juga akan lebih baik jika dilaksanakan tidak hanya sekali dan bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat di tingkat desa.

Baca Juga:  Riang Berbincang dengan Para Siswa, Puan Maharani Tinjau Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di SDN 1 Sawahan, Ngemplak, Boyolali

“Untuk penyerapan aspirasi dalam rangka penyusunan RPD ini bisa dilakukan mirip musrenbang, walaupun di dalam Inmendagri tidak mengatur detailnya. Tapi secara logika jika dilakukan sekali saja, walaupun para camat sekabupaten hadir, tapi masih kurang mengakomodasi aspirasi dari desa-desa, Sehingga kita harapkan jangan sampai Konsultasi Publik satu kali saja seolah-olah sudah dapat mewakili aspirasi masyarakat se Kabupaten Magetan.” Imbuhnya.

Baca Juga:  Aktif Menulis Dalam Bahasa Jawa, Bupati Magetan Dapat Penghargaan Dari Muri.

Sesuai Instruksi Mendagri nomer 52 Tahun 2022, Forum Konsultasi Publik merupakan salah satu tahapan di dalam penyusunan Rencana Pembangunan Daerah.(DmS)

 524 total views,  3 views today