Connect with us

Kesehatan & OlahRaga

Angka Sukses Rate TBC Dinkes Kabupaten Magetan Capai Targetnya 90 Persen.

Published

on

Angka Sukses Rate TBC Dinkes Kabupaten Magetan Capai Targetnya 90 Persen.

RASI FM – Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Jawa Timur mencatat adanya kenaikan jumlah warga dinyatakan positif Tuberkulosis (TBC). Subkoordinator P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Agoes Yudi Purnomo mengatakan, jumlah warga terdeteksi TBC tahun 2022 mengalami kenaikan 2 kali lipat dibandingkan tahun 2021 lalu.

“Tahun 2022 kita ketemu positifnya 874, meningkat dibandingkan tahun 2021 sebanyak 446,” ujarnya ditemui usai dialog di Omah Diskusi Jumat (24/03/2023).

Dari 874 kasus TBC di Magetan terdapat 200 balita yang dinyatakan positif TBC. Peningkatan jumlah kasus TBC di Kabupaten Magetan menurut Agus dikarenakan petugas kesehatan di sejumlah puskesmas aktif melakukan gerakan pemeriksaan terhadap warga.

Baca Juga:  Jumlah Pasien TBC Menurun, Dinkes Magetan Sebut Pasien Takut Dicovidkan.

“200 anak ini cukup tinggi karena itu 20 persen dari jumlah warga positif TBC,” imbuhnya.

Peningkatan kasus TBC di Kabupaten Magetan menurut Agus selain faktor kegiatan pemeriksaan kesehatan yang meningkat juga dikarenakan peningkatan kasus stunting dan kebiasaan merokok warga. Kebiasaan warga yang masih permisif terhadap orang merokok di sekitar anak anak masih banyak dtemukan di Magetan.

Baca Juga:  Sukses Gelar Bupati Magetan Cup Road Race Championship 2023, IMI Magetan Semoga Lahir Mario Baru.

“Kebiasaan warga masih merasa sungkan atau enggan untuk meminta orang merokok tidak didekat bayi, itu masih sulit dilakukan. Pemahaman perokok terhadap dampak pada balita juga masih rendah,” katanya.

Untuk menekan jumlah kasus TBC Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan lebih meningkatkan tata laksana penanganan pasien dengan TBC serta meningkatkan kesadaran warga untuk memeriksakan diri. Dengan pasien TBC segera terdeteksi ditambah dengan pelaksanaan tatalaksana penanganan TBC yang baik, menurut Agus upaya pengobatan yang dilakukan akan lebih efektif memberi kesembuhan kepada pasien.

Baca Juga:  Densus 88 Amankan Pekerja Pembuat Sepatu Kulit di Magetan Terkait Jaringan Teroris.

“Tatalaksana temen temen di puskesmas itu cukup baik. Angka sukses rate kita targetnya 90 persen, namun tahun 2021 sampai 2022 itu capaian kita sudah 91 persen. Kita sebanyak mungkin menemukan pasien lebih dini terdeteksi TBC itu akan lebih mudah penangannya,” ucapnya. (DmS)

Berita Dalam Bentuk Audio Visual Klik DISINI

 686 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *