Connect with us

Kesehatan & OlahRaga

Kegiatan PSN Sepi, DBD di Kabupaten Magetan Mengalami Peningkatan.

Published

on

Kegiatan PSN Sepi, DBD di Kabupaten Magetan Mengalami Peningkatan.

RASI FM – Kurangnya kegiatan pemberantasan sarang nyamuk di Kabupaten Magetan diduga menjadi penyebab semakin meningkatnya penularan penyakit demam berdarah. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Rohmat Hidayat mengatakan, pemberantasan sarang nyamuk atau PSN merupakan cara efektif untuk menekan angka penularan DBD dengan membersihkan lingkungan yang kotor yang sangat dimungkinkan sebagai tempat tinggal dan berkembangnya nyamuk aedes aegepty.

Baca Juga:  Kunjungi Korban Banjir di Magetan, Gubernur Khofifah Percepat Pembangunan Jembatan.

“DBD ini bisa diprediksi kapan dia muncul karena berkaitan dengan cuaca. Musim hujan begini muncul genangan genangan air di sekitar rumah kita dan itu menjadi sarang nyamuk itu. Agar tidak berkembang mari kita putus mata rantai perkembangan nyamuk dengan menyingkirkan. Memusnahkan sarang nyamuk itu,” ujarnya.

Rohmat Hidayat menambahkan, pada Bulan Januari Dinas Kesehatan mencaat ada 47 kasus DBD yang ditangani. Di pertengahan Bulan Februari tercatat ada 24 kasus sehingga jumlah penderita DBD hingga pertengahan Bulan Februari menjadi 71 kasus. Kasus DBD di Kabupaten Magetan hingga saat ini belum mencatat adanya korban jiwa.

Baca Juga:  Persemag Siap Mental Hadapi PSKP Pasuruan di Liga 3.

“Memang kasus DBD mulai Januari sampai Februari meningkat. Di bulan Januari ada 47 kasus mulai dari akhir tahun kemarin hingga Februari jumlah kasusnya terus meningkat,” imbuhnya.

Baca Juga:  Dinkes Catat Bulan Maret Kasus DBD di Kabupaten Magetan Capai 139 Kasus Dengan 1 Korban Meninggal Dunia.

Rohmat Hidayat menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran DBD dengan rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk setidaknya 10 hari sekali. Dia juga menghimbau kepada masyarakat yang mengalami demam 38 derajat selama 3 hari untuk segera memeriksakan diri apakah hal tersebut merupakan gejala DBD agar segera mendapat penanganan secepatnya. (DmS)

 287 total views,  3 views today