Connect with us

News

Harga Cabai Merosot Tajam, Petani di Plaosan Memilih Mengganti Tanam Kentang.

Published

on

Harga Cabai Merosot Tajam, Petani di Plaosan Memilih Mengganti Tanam Kentang.

RASI FM – Harga cabai di Kabupaten Magetan turun drastis selama dua minggu terakhir dari harga Rp 50.000 menjadi Rp 16.000 ditingkat petani. Rusman petani cabai di Kecamatan Plaosan mengatakan, murahnya harga cabai disebabkan mulai panen di wilayah lain sehingga ketersediaan cabai di pasar yang cukup banyak membuat harga cabai jatuh.

“kalau jelang musim kemarau biasanya murah karena daerah lain juga panen sehingga harganya turun,” ujarnya.

Baca Juga:  UPT LIK Magetan Olah Limbah Samak Kulit 137.000 Meter Kubik Selama Tahun 2020.

Rusman menambahkan, murahnya harga cabai membuat sebagian petani memilih mengganti tanaman cabai dengan menanam kentang dan sayur sayuran karena memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Seperti kentang harga di tingkat petani bisa mencapai Rp 12.000 sementara tanaman sayur seperti sawi yang saat ini bisa mencapai Rp 6.000 per ikat dimana harga sebelumnya hanya mencapai Rp 3.000.

“kalau cabai umurnya 5 bulan baru panen, dengan harga murah kita merugi akhirnya kita ganti tanam kentang dan sayur. Kentang sekilo bisa Rp 12.000 paling murah 8 ribu,” katanya.

Baca Juga:  Denda Penerapan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Magetan Terkumpul 10 Juta.

Sementara Tya salah satu pedagang cabai di Pasar Sayur Plaosan mengatakan harga cabai turun dratis dikarenakan pasokan cabai dari daerah lain seperti Kediri dan Malang cukup banyak di pasar Magetan sehingga harga cabai anjlog. Harga murah membuat keuntungan penjual cabai justru mengalami penurunan karena pembeli justru bisa membeli cabai banyak dengan harga murah, murahnya harga cabai membuat penjual terpaksa menjual cabai dengan keuntungan menipis.

Baca Juga:  Densus 88 Amankan Pekerja Pembuat Sepatu Kulit di Magetan Terkait Jaringan Teroris.

“Karena ini musim panen cabai di daerah lain, kalau datang kiriman ya banyak harga cabai lokal bisa turun sampai Rp 13.000 sampai Rp 10.000. Kalau murah jualannya sulit karena banyak yang tinggal minta dikasih,” katanya. (DmS)

VISUAL NEWS klik

 52 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *