Connect with us

Magetan's

Petani Kesulitan Pengairan, Pemerintah desa Milangasri Bangun Sumur Bor

Published

on

Petani Kesulitan Pengairan, Pemerintah desa Milangasri Bangun Sumur Bor

Rasi Fm – Pemerintah desa Milangasri Kabupaten Magetan membangun sumur bor untuk mensuplai kebutuhan pertanian yang kesulitan pengairan di saat musim kemarau. Kepala Desa Milangasri Anggit Ardinto mengatakan, dengan adanya sumur bor lahan persawahan warga seluas 15 hektar di bagian Tenggara Desa akan bisa teraliri saat musim kemarau. Meski ada pembagian irigasi namun waktu tunggu pembagian yang lama membuat petani kebanyakan gagal panen.
“kalau gilir dibagi rata tetap juga tidak bisa, makanya kita butuh suplai air, Untuk daerah sini ada 15 hektar lebih, nanti dibantu dengan irigasi,” ujarnya.
Sementara Jaidin salah satu petani mengaku lamanya waktu menunggu pembagian irigasi membuat tanaman padi miliknya 2 kali tahun terakhir mati dan tahun ini dia enggan bertanam dimusim kemarau karena terus merugi. Dia berharap dengan adanya sumur bor yang dibangun oleh pemerintah desa akan membuat dia bisa bertanam meski di musim kemarau.
“Kalau padi satu kali irigasi kurang. Selama musim kemarau sudah 2 tahun tidak panen,. Tahun ini saya tidak menanam karena tidak ada air,” katanya.
Pembangunan sumur bor rencananya akan membutuhkan waktu sekitar satu bulan sementara air yang akan keluar dari sumur bor dari pipa sebesar 8 dim akan dialirkan ke sawah sawah warga di saat musim kemarau. (DmS)

Baca Juga:  Desa Ngiliran Buka Potensi Pendakian Jalur ke Puncak Lawu

 85 total views,  3 views today