Connect with us

Lifestyle

Joko Siswanto Mengembangkan Peternakan Terpadu Dari Budidaya Cacing

Published

on

Joko Siswanto Mengembangkan Peternakan Terpadu Dari Budidaya Cacing

Rasi Fm — Dari usaha budidaya cacing, Joko Siswanto warga Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan berhasil mengembangkan peternakan terpadu. Budidaya cacing menurut Joko berawal dari upaya membantu warga yang kesulitan memanfaatkan kotoran sapi yang selama ini justru mencemari sungai.

” Awalnya kita mencari solusi bagaimana memanfaatkan limbah kotoran hewan agar tidak terjadi pencemaran dengan membuat budidaya cacing. Apalagi komoditas cacing itu menjanjikan dipasaran untuk obat obatan, kosmetik dan pakan alternative yang sehat untuk budidaya ikan dan lain sebagainya karena kandungan protein yang tinggi, ” Ujarnya.

Baca Juga:  Harus Tutup Saat Penerapan PPKM, Majosemi Park Berhasil Membuat Dinosaurus Sendiri.

Joko Siswanto menambahkan, selain menghasilkan cacing, budidaya cacing juga menghasilkan cacing yang bisa dimanfaatkan untuk pupuk dengan kualitas pupuk terbaik. Dari hasil percobaan menanam sayuran dan rumput di sekitar rumahnya menghasilkan rumput dengan kualitas baik yang dimanfaatkan untuk pakan kelinci.

” Awalnya kita nyuruh warga untuk memanen rumput akhirnya kita mencoba untuk memanfaatkan sebagai pakan kelinci dan hasilnya cukup memuaskan, ” Katanya.

Baca Juga:  Musim Durian Dimanfaatkan Warga Desa Cepoko Dengan Membuat Cendol Dawet Durian

Joko Siswanto juga memanfaatkan hasil budidaya cacing sebagai makanan utama budidaya ikan yang dipelihara disekitar rumahnya. Ada 6 kolam terpal yang dibudidayakan baik ikan lele, ikan nila dan ikan gurame dengan memanfaatkan hasil budidaya cacing.

” Untuk pakan ternyata lebih murah dengan memanfaatkan cacing hasil budidaya kita. Kita memberikan pakan ikan itu 60 persen cacing dan 40 persen itu menggunakan pelet. Hasil ikannya lebih cepat besar dan lebih sehat karena pakan nya organik, ” Ucapannya.

Baca Juga:  Dua Minggu Lagi Pemkab Magetan Targetkan Herd Imunity

Tak hanya memanfaatkan sendiri pengetahuannya dalam budidaya cacing, Joko Siswanto juga mengajak karang taruna maupun pemuda di Magetan dengan memberikan pelatihan gratis pengembangan budidaya cacing untuk peternakan terpadu. Dengan peternakan terpadu yang dilaksanakan dia mengaku memiliki keuntungan kemandirian usaha karena tak harus bergantung kepada pakan pabrikan yang saat ini harganya melambung tinggi. (DmS)

 1,212 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *