Connect with us

Magetan's

Dinas Peternakan Pastikan Seluruh Petugas Inseminasi Buatan Telah Sesuai Kompetensi dan Memiliki Ijin Praktek.

Published

on

Dinas Peternakan Pastikan Seluruh Petugas Inseminasi Buatan Telah Sesuai Kompetensi dan Memiliki Ijin Praktek.

Rasi Fm – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabpaten Magetan memastikan jika 90 persen petugas inseminasi buatan IB di lapangan telah memiliki kompetensi dan saat ini diwajibkan memiliki surat izin pelayanan paramedic SIPP yang saat ini sedang dilaksanakan pengurusan. Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Nur Haryani mengatakan, untuk kompetensi dari sekitar 45 petugas IB telah dilaksanakan uji kompetensi petugas tahun 2019 lalu dan saat ini dilaksanakan pengurusan surat ijin praktek.
Nur Haryani menambahkan, adanya aturan baru dari Kementan dimana petugas inseminasi buatan harus memiliki ilmu linier terkait dengan kesehatan hewan. Saat ini sejumlah petugas IB telah menempuh pendidikan di bidang kesehatan hewan.
“Ada Permentan 15 tahun 2021 dimana sekarang medic atau para medic itu mereka harus punya pendidikan yang linier dengan kesehatan hewan Kita sedang menata itu, Ini ada beberapa yang sekolah lagi karena tuntutan harus seperti itu, Ini aturan nasional mereka banyak yang berbondong bondong kuliah. Kuotanya banyak yang berminat tetapi universitas yang mempunyai kompetensi itu terbatas kuotanya juga terbatas,” ujarnya.
Dengan adanya ketentuan yang diberlakukan oleh Kementrian Peternakan dan Perikanan diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas kesehatan dan produktifitas hewan ternak di Kabupaten Magetan. Tahun ini Kabupaten Magetan menerima 33.000 dosis inseminasi buatan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sapi peliharaan warga. (DmS)

Baca Juga:  Mandiri Urus Penyaluran Pupuk, Kelompok Tani Desa Gebyog Pastikan Pupuk Bersubsidi Sampai di Tangan Petani

 152 total views,  3 views today