Connect with us

Magetan's

Anggaran Desa Dipinjam Kades Untuk Menutup Utang, Gaji Perangkat Perangkat Desa Baleasri Molor.

Published

on

Anggaran Desa Dipinjam Kades Untuk Menutup Utang, Gaji Perangkat Perangkat Desa Baleasri Molor.

Rasi Fm – Perangkat Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo belum menerima gaji selama 9 bulan terakhir. Gaji yang belum diterima perangkat desa terhitung sejak Bulan Agustus hingga Bulan Desember 2021 karena anggaran desa di tahun tersebut dipinjam oleh kepala desa.
Ditemui di ruang kerjanya Kepala Desa Baleasri Juremi mengatakan, anggaran milik desa tahun 2021 yang seyogyanya digunakan untuk menggaji perangkat desa diakuinya digunakan untuk melunasi hutang KUR BNI 8 warganya. Dia beralasan uang sebanyak 128 juta dari anggaran desa digunakan untuk membantu menutup hutang 8 warganya agar pinjaman KUR milik mereka di BNI bisa kembali cair, namun kenyataannya hingga saat ini ke 8 warganya tersebut belum mengembalikan pinjaman uang anggaran desa yang membuat 11 perangkat desa di Desa Baleasri belum menerima gaji hingga saat ini.
“Saya menutup pinjaman KUR BNI karena masuknya 8 arang itu datanya dari saya. Kepada bendahara desa saya pinjam uang sebentar paling 10 hari cair saya kembalikan, sampai saat ini belum cair,” ujarnya.
Juremi menambahkan, selama ini dia telah mencicil pinjaman sebanyak Rp 63 juta dari anggaran milik desa yang dipinjam sebanyak Rp 128 juta, hingga hutang tersebut tersisa 65 juta rupiah. Sisa hutang anggaran desa tahun 2021 sebsar Rp 65 juta tersebut rencananya akan dia kembalikan tanggal 10 Mei mendatang. Rencananya uang tersebut akan digunakan untuk membayar gaji 11 perangkat desa selama gaji mereka di Bulan Agustus hingga Bulan Desamber tahun 2021 yang belum terbayar.
“Lainnya sudah saya kembalikan, kurangannya perangkat itu katanya 60 jutaan, setelah dihitung ada 65 juta. Insyaalah paling akhir tanggal 10 (Mei) saya akan kembalikan,” imbuhnya.
Perangkat Desa Baleasri selama tahun 2022 juga belum menerima gaji karena belum keluarnya anggaran baik anggaran dari DD maupun anggaran dari ADD.
Juremi mengaku telah mencapai kesepakatan antara dirinya dengan para perangkat desa untuk menyelesaikan pembayaran gaji perangkat desa pada tanggal 10 Mei mendatang. (DmS)

Baca Juga:  Permudah Proses Administrasi Pengadaan Barang dan Jasa, Pemkab Magetan Akan Rilis Aplikasi Simbatan.

 208 total views,  3 views today