Connect with us

News

Tiga Kali Gelar Kontes Koi, Pemkab Magetan Pastikan Koi Magetan Naik Kelas.

Published

on

Tiga Kali Gelar Kontes Koi, Pemkab Magetan Pastikan Koi Magetan Naik Kelas.

RASI FM – Tiga kali gelar kontes Koi kelas nasional, Pemerintah Kabupaten Magetan memastikan kualitas ikan koi yang dibudidayakan di Magetan mengalami peningkatan. Pj Bupati Magetan Hergunadi mengatakan, dengan adanya kegiatan kontes koi di Kabupaten Magetan yang ke 3 kalinya tahun ini akan membuka kesempatan untuk pembudidaya ikan koi di Kabupaten Magetan meningkatkan kompetensi mereka dalam membudidayakan ikan koi yang berkualitas dan meningkatkan jaringan dengan pembudidaya ikan koi dari wilayah lain.

”Berapa kelas yang hanya ada di Magetan ini menjadi daya Tarik sendiri bagi pecinta koi, Dengan adanya kegiatan ini kita berharap banyak lagi penggemar koi khsususnya budidaya koi di Magetan dan kualitasnya lebih baik lagi karena tiap tahun kita mengadakan lomba sehingga mejadi para parameter penggiat koi,” ujanrya.

Baca Juga:  Hari Guru Nasional, Masih Banyak Guru di Magetan Gajinya Dibawah UMR.

Sementara kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Nur Haryani mengatakan, Koi Show tahun ini ada penurunan jumlah peserta karena dari target 2.000 peserta namun tahun ini diikuti oleh 1.500 peserta dari sejumlah wilayah lain seperti dari Jawa Barat dan Pulau Kalimantan. Penurunan jumlah peserta ,menurut Nur Haryani dikarenakan adanya lomba yang sama di Pulau Bali.

“Ada info bersamaan dengan di bali sehingga terpecah pesertanya. Angka 1.500 sudah luar biasa. Komunitas menampilkan banyak varietas lagi, apalagi menambahkan unik kerdil. Sebelumnya tidak pernah ada, juetru kerdil ini diminati banyak penghobi,” katanya.

Baca Juga:  Cerita Bulan Ramadhan di Rutan Magetan, Serasa di Pondok Pesantren.

Terkait peningkatan kualitas ikan koi yang di kembangkan di Kabupaten Magetan dengan adanya Kontes Koi yang sudah dilaksanakan ke 3 kalinya Nur Haryani memastikan ada peningkatan kualitas hasil budidaya ikan koi meski belum secara signifikan. Selain menyelenggarakan kontes sebagai ajang untuk mengukur keberhasilan pembudidaya ikan Koi, Dinas Peternakan dan Perikanan juga berupaya meningkatkan kualitas indukan dengan cara melakukan kejasama dengan sejumlah pembudidaya ikan koi dari wilayah lain. Potensi sumber daya air di Kabupaten Magetan sangat menjanjikan untuk dilakukan pengembangan ikan koi, namun masih membutuhkan indukan berkualitas untuk dikembangkan di kabupaten Magetan.

Baca Juga:  Master Plan Proyek Eco Bambu Park Dipastikan Selesai, Anggaran No Coment.

“Secara umum kita beum hebat tapi satu dua penghobi sudah muai tampak ikannya mulai bagus. Arah Kontes ini kan menunjukkan potensi ikan hias kualitasnya berkembang sedimikan sehingga penghobi dan pemberdaya menangkap hal itu,” imbuhnya.

Perhelatan Koi Show 2023 kali ini melombakan 6 kelas dimana juara kontes koi diborong oleh Kristianto, peserta dari Jakarta. (DmS)

 523 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *