Connect with us

Kum&KRIM

Polisi Gulung Komplotan Penipu Berkedok Petugas Covid 19

Published

on

Polisi Gulung Komplotan Penipu Berkedok Petugas Covid 19

Rasi Fm – Kepolisian Resor Magetan, berhasil mengamankan komplotan penipu yang menyamar sebagai petugas penanganan covid 19 untuk melakukan aksinya. Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha mengatakan, komplotan yang terdiri dari 3 orang tersebut diamankan di kost tempat mereka di Desa Milangasri Kecamatan Panekan. Komplotan penipu yang terdiri dari RW (23) warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah, AJ (34) warga Kota Palembang dan MA (33) warga Kabupaten Brebes menipu para korban dengan mengaku sebagai petugas covid 19 yang melakukan pemeriksaan terhadap warga yang telah divaksin. Warga yang telah divaksin akan mendapat hadiah sebuah kompor gas.
Untuk memastikan jika warga yang sudah divaksin mendapat hadiah kompor gas, komplotan tersebut akan memfoto korban sebagai bukti untuk laporan. Warga yang telah di incar tersebut biasanya mengenakan perhiasan, akan diminta untuk melepas perhiasan mereka sebelum difoto. Setelah menyimpan perhiasan yang dimiliki, korban diajak ke dapur untuk mencoba kompor hadiah yang diberikan. Saat korban lengah karena sibuk mencoba kompor gas hadiah pelaku lainnya akan mengambil perhiasan yang disimpan korban.
“Bagi yang sudah divaksin akan mendapat hadiah berupa uang, sembako dan kompor gas, Untuk dokumentasi korban tidak boleh membawa perhiasan yang dipakai, jadi disuruh melepas. Salah satu orang ini melihat korban meletakkan perhiasan dimana. Begitu foto foto pelaku satunya mengambi emas milik korban,” ujarnya.
Dari keterangan para pelaku, mereka telah berhasil memperdayai 3 warga di Magetan. Sebelumnya mereka juga melakukan modus penipuan dengan mengaku sebagai petugas covid 19 di Kabupaten Bojonegoro dan Ngawi.
Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan sejumlah perhiasan emas, 4 stel pakaian seragam warna coklat kekuningan, id card multi gas Indonesia, uang tunai Rp 1.700.000,00, sejumlah handphone serta sebuah mobil rental yang digunakan untuk melakukan aksi penipuan. Para pelaku akan dijerat dengan pasal 378 KUHP dan atau pasal 363 KUHP Jo Pasal 64 KUHP dengan hukuman penjara paling lama 7 tahun (DmS)

Baca Juga:  Pemkab Magetan Akan Batasi Jam Operasional Pedagang Malam Di Area Parkir Pasar Sayur.

 105 total views,  3 views today