Connect with us

HUMANIS

Mengenal Relawan Gesit, Servis Peralatan Masak di Tengah Bencana.

Published

on

Mengenal Relawan Gesit, Servis Peralatan Masak di Tengah Bencana.

Rasi Fm – Gerakan Sigap Tanggap atau Gesit membantu korban banjir dengan memperbaiki peralatan rice cooker dan kompor gas yang berlumuran lumpur di Desa Pojok yang terendam banjir. Lukman salah satu relawan di kelompok Gerakan Sigap Tanggap atau Gesit, sebuah kelompok relawan yang berdiri satu tahun lalu memang memiliki keahlian memperbaiaki barang barang elektronik. Gesit yang memiliki basecamp di Kelurahan Selosari tersebut memang selain relawan yang turun membantu membersihkan lokasi banjir seperti di desa Pujung juga memberikan bantuan lainnya seperti membetulkan peralatan elektronik.
Peralatan memasak seperti kompor dan rice cooker menurutnya merupakan peralatan yang perlu segera dibenahi di saat warga mendapat bencana banjir karena pentingnya ketersediaan makan ditengah bencana. Membetulkan peralatan memasak di tengah bencana banjir menurutnya sangat diperlukan agar para korban bisa menjamin kebutuhan makan keluarga mereka karena untuk melakukan service membutuhkan waktu.
“Ini tadi terkena lumpur, dibersihkan dulu baru dikembalikan, Kita fokus pada peralatan masak, kebutuhan rumah, bersih bersih itu yang kita prioritaskan,” ujarnya.
Sementara Ketua Gesit Sugianto mengatakan, Gesit yang berdiri satu tahun lalu memiliki lebih dari 50 anggota yang terdiri dari berbagai profesi memiliki basecamp di Kelurahan Seloasri. Selain membenahi peralatan elektronik Gesit juga membantu warga untuk membersihkan rumah korban banjir seperti di Desa Pokok beberapa waktu lalu ataupun memberikan donasi jika lokasi bencana jauh dari jangkauan mereka.
“Awalnya kita ngaji barang, nuntut ilmu bareng bareng, terus kita tergerak serta ada musibah kita bergerak karena mereka butuh bantuan bersih bersih, terutama saat banjir. Kemarin sempat turun ngajuk kalau di Palu kita kirim donasi saja,” imbuhnya.

Baca Juga:  Demam Tinggi Saat Berusia 2 Bulan, Hartono Hanya Bisa Terbaring Selama Hidupnya

Sebelumnya sejumlah 113 rumah warga di 9 Desa dan 4 kecamatan di Magetan terendam banjir dari meluapnya Sunagi Beringin. Banjir juga menyebabkan 7 jembatan mengalami kerusakan. (DmS)

Baca Juga:  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Magetan Pertanyakan permintaan Desa Taji Terkait Pembiayaan Jalan Sebesar 139 Juta

 164 total views,  3 views today