Connect with us

Budaya & Pariwisata

Festival Durian Desa Plangkrongan, Desa Penghasil Durian Enak Eduwisata Durian di Magetan.

Published

on

Festival Durian Desa Plangkrongan, Desa Penghasil Durian Enak Eduwisata Durian di Magetan.

RASI Fm – Pemerintah Desa Plangkrongan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan menggelar festival durian yang akan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 24 hingga 25 Februari 2024. Sekretaris Desa Plangkrongan Setyobudi mengatakan, kegiatan festival durian digelar untuk memperkenalkan potensi durian berkualitas dari Desa Plangkrongan.

“Selama ini durian plangkrongan sudah menjadi juara di sejumlah festival seperti durian saman, durian rawuh, durian suwito itu menjuarai sejumlah festival, tetapi masyarakat sendiri belum mengenal Desa Plangkrongan sebagai desa durian, desa yang menghasilkan durian dengan kualitas terbaik,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya Sabtu (24/2/2024).

Setyobudi menambahkan, di setiap pekarangan rumah warga dipastikan minimal ada 2 pohon durian yang ditanam warga sebagai upaya pemerintah desa untuk memanfaatkan pekarangan warga dengan tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Ada sekitar 50 varian jenis durian yang ditanam warga di Desa Plangkrongan.

“Jumlah populasi durian diperkirakan lebih dari 1.000 batang pohon yang sudah berbuah tahun ini. Untuk varian jenisnya mungkin bisa lebih dari 50 jenis pohon durian. Mereka memiliki bentuk dan rasa yang berbeda beda,” imbuhnya.
Pelaksanaan festival durian kali ini merupakan kegiatan festival pertama kali meski sebenarnya desa plangkrongan memiliki bibit ppohon durian yang mencapai ratusan tahun. Dipilihnya tahun 2024 untuk menggelar festival selain untuk memperkenalkan desa Plangkrongan sebagai Desa Durian tahun ini juga merupakan musim terbaik untuk pertumbuhan durian.

Baca Juga:  Petani Kurang Waspada, Tanaman Padi Petani di Desa Gebyog Diserang Hama Wereng.

“Dibandingkan tahun sebelumnya ini lebih baik dimana curah hujan dan pertumbuhan durian di desa Plangkrongan menghasilkan durian dengan kualitas terbaik,” ucapnya.

Durian berkualitas dengan harga murah.
Pemerintah Desa Plangkrongan berharap dengan digelarnya festival durian akan membuka mata para pecinta durian untuk bisa mendapatkan durian berkualitas dengan harga murah. Pemerintah desa selama ini menjalankan program penanaman bibit durian berkualitas agar petani durian di Desa Plangkrongan menghasilkan durian yang memiliki kualitas bagus yang bisa memuaskan rasa keinginan pecinta durian mendapatkan durian berkualitas.

Baca Juga:  Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Temukan Puluhan Siswa SMP Sayat Pergelangan Tangan

“Selama ini kita memberikan edukasi kepada para petni untuk menanam bibit durian yang berkualitas. Kita juga melakukan peningkatan sumber daya manusia petani di bidang durian agar bisa menghasilkan durian yang berkualitas,” kata Setyobudi.

Dengan adanya festival durina diharapkan Desa Plangkrongan bisa menjadi desa edukasi wisata durian dimana selain menghasilkan buah durain berkualitas juga bisa menjadi rujukan bagi petani durian untuk membudidayakan durian.

“Konsepnya bisa menjadi desa wisata durian dimana masyarakat juga bisa belajar seperti apa membudidayakan durian dan mendapatkan durian langsung dari kebun masyarakat,” terangnya.

Oleh oleh berbasis durian.
Sementara Kaur Kesejahteraan Desa Plangkrongan Edi Siswanto mengatakan, selain menjual buah durian masyarakat Desa Plangkrogan juga menghasilkan produk UMKM berupa jajanan yang berbasis bahan dari buah durian. Sejumlah kue dari gemblong, getuk serta sejumlah kue lainnya yang dihasilkan dari perpaduan bahan kue dengan buah durian telah disiapkan oleh warga. Dengan adanya pertumbuhan UMKM dari bahan berbasis durian selain mensejahterakan petani durian juga meningkatkan geliat UMKM warga dari jajanan yang mereka hasilkan.

Baca Juga:  Temukan Bata Ukuran Raksasa, Warga Desa Sidomulyo Duga Ada Peninggalan Sejarah

“Warga juga mengembangkan produk makanan yang berbahan dasar durian, sehingga tidak hanya mendapatkan buah durian, tetapi pengunjung diini juga bisa mendapatkan produk kue dan makanan kecil UMKM disini yang bahan pokoknya adalah durian,” katanya.

Edi berharap kegiatan festival durian akan menjadi agenda tahunan bagi pengembangan potensi desa Plangkrongan di bidang wisata, edukasi serta produk pertanian dan UMKM melalui kegiatan tersebut.

“Harapannya kegiatannya sukses dan dampak ekonomi bisa dinikmati oleh warga Desa Plangkrongan,” pungkasnya. (DmS)

VISUAL NEWS klik

https://youtu.be/GTGAtIuLsQ8

 331 total views,  6 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *