Connect with us

Ekonomi&UMKM

Ditangan Santi Rohmatin, Bunga Mawar Selain Untuk Kecantikan Juga Untuk Camilan.

Published

on

Ditangan Santi Rohmatin, Bunga Mawar Selain Untuk Kecantikan Juga Untuk Camilan.

Rasi Fm – Ditangan Santi Rohmatin, salah satu guru SMA di Magetan bunga mawar tidak hanya sebagai bunga hiasan yang cantik, tapi dimanfaatkan untuk bahan kecantikan dan camilan. Santi mengatakan, awal mula menggeluti UKM mengolah produk dari bunga mawar berawal dari vakumnya dunia pendidikan di awal masa pandemi covid 19. Tak ingin hanya berpangku tangan menghadapi corona, Santi kemudian melakukan inovasi dari keberadaan bunga mawar yang banyak terdapat di lingkungannnya di Desa Sidomulyo. Dia mengatakan, meski tumbuh subur di desanya, harga bunga mawar sangat murah. Harga mawar hanya mahal saat menjelang Hari Raya Idul Fitri untuk bunga tabur makam.
“Karena saking banyaknya mawar, kita jual mawar segar biasanya. Di dalam waktu waktu tertentu saja untuk harga yang mahal. Karena saking banyaknya mawar kita punya ide untuk produk yang bisa meningkatkan nilai jual bunga mawar ini,” ujarnya.
Melalui nama produk Swarga Loka, Santi berhasil membuat berbagai produk turunan dari BUnga mawar. Produk yang ditawarkan Santi diantaranya kripik mawar, teh kesehatan mawa, sirop mawar, rose mate atau susu mawar yang merupakan gabungan produk dari hasil susu peternakan singolagu dan formulasi air mawar hasil sulingannya dan fresh water. Melalui sejumlah produk yang dipasarkan melalui media online dan sejumah apotik dan alon kecantikan, Santi meraup penghasilan hingga puluhan juta rupiah setiap bulan.
“Ada kripik mawar, teh kesehatan mawa, sirop mawar, rose mate atau susu mawar yang merupakan gabungan produk dari hasil susu peternakan Singolangu saya campur dengan dan formulasi air mawar hasil sulingan terus fresh produknya itu,” imbuhnya.
Melalui sejumlah produk inovasi dari bunga mawar tersebut Santi berharap ada nilai tambah dari bunga mawar yang banyak tumbuh di desanya. Dengan penambahan nilai jual bunga mawar, Santi berharap ada peningkatan kesejahteraan bagi warga Desa Sidomulyo dan desa lainnya yang lingkungannya subur untuk tanaman bunga Mawar. (DmS)

 91 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *