Connect with us

Budaya

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Upayakan Penyelematan Keberadaan Wayang Krucil

Published

on

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Upayakan Penyelematan Keberadaan Wayang Krucil

Rasi Fm – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan akan melakukan upaya penyeleamatan terhadap keberadaan wayang krucil di Desa Bedagung Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Joko Trihono mengatakan, wayang krucil merupakan kesenian tradisional asli Magetan yang diperkirakan telah berusia lebih dari 400 tahun.
Sayangnya keberlangsungan kesenian wayang krucil di Magetan terancam punah mengingat penerus kesenian wayang krucil atau keturunan ke 7 dari Mbah Dipo selaku penemu wayang krucil kesulitan mementaskan wayang tersebut. Saat ini selain tidak ada masyarakat yang meminta pementasan wayang krucil untuk mementaskan wayang krucil juga tidaklah mudah. Menurut keyakinan dari pendahulunya dalang wayang krucil tidak perlu belajar lakon yang akan dimainkan karena dengan sendirinya akan mementaskan wayang dengan lancar jika memang telah dikehendaki atau mendapat wahyu untuk memainkan. Jika nekat memainkan wayang krucil maka dalang tersebut akan berusai pendak.
Untuk mengatasi kesenjangan tersebut Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan akan menawarkan solusi membuat wayang krucil duplikasi dari wayang asli agar beban psikologis untuk memainkan wayang krucil bisa diminimalis. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan juga telah melakukan pendataan dan dokumentasi wayang krucil untuk menjaga kelesatariannya.
“Biar jadi replica, kalau jadi replica nanti bagaimana, apakah mau mendalang karena yang didalangkan bukan punden lagi tetapi replica yang dimainkan. Kalau dulu kan yang dimainkan wayang yang dikeramatkan, “ ujarnya (DmS

Baca Juga:  Jelang Belajar Tatap Muka, Baru 800 Guru Yang Menjalani Vaksin Dari 7.000 Guru

 198 total views,  3 views today