Connect with us

Pariwisata

Dinas Perikanan Tebar 44.000 Benih Ikan Tombro dan Tawes di 5 Bendungan dan Embung

Published

on

Dinas Perikanan Tebar 44.000 Benih Ikan Tombro dan Tawes di 5 Bendungan dan Embung

Rasi Fm – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Magetan menebar benih ikan tombro dan tawes di 5 lokasi embung dan bendungan. Kepala Bidang Perikanan dan Pengembangan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Bambang Eko mengatakan, kegiatan penebaran benih ikan di perairan umum daratan berupa ikan tombro dan ikan tawas dilakukan di waduk Gonggang, embung pendem, telaga wahyu, Baleasri, dan embung Clelek Driyorejo.
Kegiatan penebaran benih dimaksudkan untuk menambah keanekaragaman dan kelestarian sumberdaya perikanan di perairan umum daratan dan secara tidak langsung juga memberikan dampak ekonomi untuk masyarakat sekitar tanpa mengurangi fungsi utama, perairan umum sebagai sumber irigasi utk pertanian. Tebar benih ikan juga merupakan uapaya daya dukung pariwisata di lokasi bendungan maupun embung yang juga dijadikan destinasi wisata desa sehingga masyarakat mempunyai antusiasme untuk berkunjung.
“Paling utama kita tebari karena air itu ada sepanjang tahun. Potensi untuk kegiatan perikanan, Cuma untuk perairan daratan arahnya kita ke kelestarian. Ini lebih ke pendukung pariwisata secara tidak langsung nanti hasilnya diluar perikanan ini karena ini pendukung saja,” ujarnya.
Setelah dilakukan penebaran benih ikan kelompok masyarakat yang ada disekitar embung dan bendungan diminta untuk menutup sementara kegiatan pemancingan untuk memberikan kesempatan ikan berkembang.
“Tiga bulan itu pertumbuhannya mungkin mencapai 10 sampai 15 centi karena diperairan umum ini pertumbuhanya lebih cepat karena pakan alaminya banyak. Dengan ukuran segitu untuk dipancing masih terlau kecil Cuma dengan usia seperti itu ikan sudah bisa survive,” imbuhnya.
Dinas Perikanan Kabupaten Magetan tahun ini mengalokasikan anggaran penebaran benih ikan tombro dan tawes sebesar Rp 27.000.000 di 5 lokasi bendeungan dan embung. Benih ikan tombro dan tawes merupakan hasil budidaya dari balai benih ikan di Magetan serta budaidaya dari warga. (DmS)

Baca Juga:  Nikah Dengan Perusahaan Jasa Keuangan, SMK Yosonegoro Tingkatkan Kemampuan SDM dan Perbesar Peluang Kerja Lulusan

 110 total views,  3 views today