Connect with us

Pariwisata

Bangun Destimasi Wisata, Pemuda Desa Sidomulyo Memelihara Ikan Koi di Selokan

Published

on

Bangun Destimasi Wisata, Pemuda Desa Sidomulyo Memelihara Ikan Koi di Selokan

Rasi Fm – Pemuda di Desa Sidomulyo Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan memanfaatkan potensi sumber daya air di sumber air gangging untuk memelihara dan mengembang biakkan ikan koi. Uniknya mereka memelihara ikan koi di selokan yang biasanya dimanfaatkan oleh warga untuk pengairan lahan sawah mereka. Inisiator pemanfaatan sumber air gangging menjadi budidaya ikan koi di Selokan, Sudiyono mengatakan, ide awal budidaya ikan koi dan membuka destinasi wisata desa berawal dari potensi air yang belum dimanfaatkan selain untuk diambil airnya oleh PDAM maupun untuk pengairan sawah. “Sumber air disini belum di manfaatkan, dulu hanya digunakan PDAM untuk air pelanggannya, sisanya untuk pengairan sawah. Setelah kita bersihkan ternyata kita menemukan sejumlah mata air, kita buat taman untuk wisata desa,”” ujarnya Rabu (08/12/2021).
Sementara kegiatan budidaya ikan koi didorong oleh investor yang menyumbangkan hampir 300 ekor ikan koi untuk dikembangbiakkan di sana. Dengan kondisi air yang jernih dan berasal dari sumber mata air membuat keberadaan koi di selokan akan menambah keindahan taman wisata yang dibangun pemuda Desa Sidomulyo. “Sekalian kita gunakan untuk budidaya ikan koi karena airnya sangat bagus untuk memelihara ikan koi,” ujarnya
Sementara ketua kelompok sadar wisata Kabupaten Magetan Widya mengatakan, sumber daya alam berupa mata air dan keindahan alam Desa Sidomulyo sudah seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pemuda desa untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata desa. Lokasi Desa Gangging yang memiliki pohon pohon besar dengan udara yang sejuk dan mata air yang jernih sangat menarik untuk dikembangkan menjadi wisata desa. Pemuda Desa Sidomulyo menurutnya sudah tepat dengan mengembangkan lokasi sumber mata air gangging untuk destinasi wisata desa. “Pemuda disini sudah menyadari potensi alam di desanya dan mereka sudah bergerak. Ini bagus untuk pengembangan wisata,” katanya.
Widya menambahkan, dibutuhkan greendesign untuk lebih memaksimalkan potensi pemandangan dan keindahan alam desa Sidomulyo yang memiliki potensi sumber mata air yang bersih. Menurutnya langkah awal adalah dengan segera dibentuk pengelola berupa kelompok sadar wisata yang akan bertanggung jawab untuk mengembangkan lokasi tersebut. “Greendesign sangat penting untuk memaksimalkan pengembangan lokasi wisata disini. Tetapi lebih baik dibentuk dulu tim untuk mengembangkan kawasan ini sesuai dengan aturan sehingga bisa mengundang investor masuk,” ucapnya.

Baca Juga:  Sidak Taman Buah Srogo, Komisi B Magetan Beri Beberapa Catatan

Ditunjang dengan SDM yang mau bergerak sehingga mampu mengelola SDA yang ada di desa mereka. Widya meminta pemerintah desa mendorong kegiatan pemuda desa tersebut untuk terus berkembang mengembangkan destinasi wisata desa. Saat ini pihak desa sudah seharusnya membentuk kelompok pengelola yang sesuai dengan aturan sehingga mereka bisa berkoordinasi dengan pihak terkait untuk megnembangkan wisata desa. (DmS)

Baca Juga:  Sengketa Akses Jalan, Warga Ponorogo Akhirnya Membongkar Pagar Tembok di Depan Rumah Wisnu

 479 total views,  9 views today