Connect with us

Ekonomi&UMKM

Bunga Mawar Melimpah, Desa Bedagung Kembangkan Batik Mawar

Published

on

Bunga Mawar Melimpah, Desa Bedagung Kembangkan Batik Mawar

Rasi Fm – Melimpahnya bunga mawar yang tumbuh subur di pekarangan warga membuat Pemerintah Desa Bedagung mengembangkan batik motif mawar. Kepala Desa Bedagung Barno mengatakan, pembuatan batik motif mawar akan menambah banyakanya jenis pemberdayaan masyarakat di desanya. Dengan pembuatan batik motif mawar selain hanya menjual mawar sebagai bunga tabur makam yang hanya mahal di saat menjelang lebaran, saat ini mereka mempunyai icon mawar sebagai motif batik khas Desa Bedagung.
“Milih batik mawar karena ikon Desa Bedagung mawar. Kan ini membuat pemberdayaan masyarakat berlatih membatik untuk kesejahterana masyarakat. Kalau program ini bisa jadi kan bisa mengurangi pengangguran,” ujarnya.
Barno menambahkan, melalui program Kampung KB Desa Bedagung mendapat bantuan anggaran untuk melakukan pelatihan pemberdayaan masyarakat. Meski telah berhasil membuat batik motif mawar, namun menurut Barno masih dibutuhkan pelatihan yang lebih serius terkait tekhnik pembuatan motif dan strategi marketing untuk memasarkan batik hasil karya masyarakat.
“Bedagung ada program Desa Kampung KB yang dananya untuk pelatihan dananya dari pusat melalui PKP dan PA Kabupaten Magetan. Kita belum sampai pemasaran, kita hanya memutuskan program ini bisa mengembangkan membatik dengan lancar. Kita masih terbatas dengan alat untuk mencanting, kompor dan pembuatan warna,” imbuhnya.
Saat ini terdapat 3 kelompok pembatik dengan jumlah anggota sekitar 35 orang yang serius menekuni pembuatan batik motif mawar. Warga Desa Bedagung berharap pemerintah daerah memberikan apresiasi dan memperkenalkan batik motif mawar sehingga selain menjadi sumber pemberdayaan masyarakat juga bisa mengangkat desa Bedagung dari sumber daya alam bunga mawar. Bunga mawar selain dijadikan motif batik saat ini juga diupayakan warga menjadi air sulingan mawar untuk bahan sejumlah produk kecantikan. (DmS).

Baca Juga:  Dikunjungi Komisi B DPRD Jatim Pelaku UMKM di Magetan Butuh Pasar Untuk Menjual Produk Mereka di Masa Pandemi

 358 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *