Connect with us

Ekonomi

Hasilkan 7 Juta Feet Samak Kulit Pertahun, Magetan Krisis SDM Pengrajin Kulit .

Published

on

Hasilkan 7 Juta Feet Samak Kulit Pertahun, Magetan Krisis SDM Pengrajin Kulit .

RASI FM – Sejumlah pengrajin kulit di Kabupaten Magetan mengaku kesulitan mencari tenaga kerja yang berpengalaman di bidang kerajinan kulit. Salah satu pengrajin kulit di Magetan Eko Patrianto mengatakan, minat generasi muda di Kabupaten Magetan terus menurun untuk menggeluti kerajinan kulit, padahal Kabupaten Magetan merupakan salah satu penghasil samak kulit terbesar di Indonesia.

“Programnya wira usaha, pelatihannya 5 hari, harapan kami orang orang baru ini akan timbul minat untuk menggeluti kerajinan kulit,” ujarnya.

Baca Juga:  Gelar Pasar Murah, Dinas Koperasi Magetan Bidik Potensi UMKM di Kecamatan Karangrejo.

Untuk mengatasi minimnya minat generasi muda di Kabupaten Magetan asosiasi perajin kulit Magetan Jawa Timur menggelar pelatihan 5 hari bagi warga Magetan. Menurut Eko Patrianto pemerintah daerah seharusnya mengambil langkah pelatihan, pendampingan dan support peralatan bagi pemuda di Kabupaten Magetan untuk mengembangkan industri kulit sehingga mampu menghasilkan produk kulit yang berkualitas yang nantinya akan menjadi produk unggulan di Kabupaten Magetan.

Baca Juga:  Bulan Ramadhan Pengrajin Rekal Alquran Dari Desa Durenan Kebanjiran Order.

“Mulai dulu terus menurun, data terakhir kisaran 43 merek produsen yang masih eksis, idealnya 100 karena kita melimpah dari bahan baku. Harapan kami ada minat disitu, kemudian ada pendampingan, kemudian ada perbantuan dari segi modal marketing sehingga ,mereka ada minat menggeluti kerajinan kulit,” imbunya.

Baca Juga:  Larang Buang Limbah Ke Sungai, Pemkab Magetan Wajibkan Pemilik Sapi Perah Di Singolangu Menumpuk Kotoran Sapi

Karena krisis sumber daya nmanuisa yang berkualitas dalam pengembangan produk kulit di Magetan, saat ini hanya terdapat 43 produsen keraijnan kulit di Kabupaten Magetan. Kabupaten Magetan mampu menghasilkan 7 juta feet samak kulit pertahun dimana 80 persen produk samak kulit di serap oleh pengrajin kulit di luar Magetan. (DmS).

VISUAL NEWS klik

 539 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *