Connect with us

Ekonomi&UMKM

Resmi Berbadan Hukum, Kelompok Peternak Kelinci di Magetan Siap Kembangkan Nilai Ekonomis Kelinci.

Published

on

Resmi Berbadan Hukum, Kelompok Peternak Kelinci di Magetan Siap Kembangkan Nilai  Ekonomis Kelinci.

Rasi FM – Kelompok Peternak kelinci di Kabupaten Magetan akhirnya resmi berbadan hukum setelah 2 tahun mengembangkan nilai ekonomis binatang bertelinga lebar tersebut. Ketua kelompok peternak kelinci andal sejahtera mandiri Suryo mengatakan, dengan resminya kelompok tapi tersebut pihaknya akan lebih mudah melakukan pengembangan ternak kelinci baik dari kebutuhan bibit, pakan serta kebutuhan lainnya. Menurutnya satu hari peternak membutuhkan 60 hingga 150 ekor menyembelih kelinci untuk kebutuhan kuliner di luar kota.
” Rata rata satu hari 60 sampai 150 ekor perhari kelinci disembelih, tapi di Magetan tidak ada kulinernya. Semua kulinernya keluar ke Karanganyar, Tawangmangu nanti dikirim ke Cilacap, dikirim ke Surabaya, Lha Magetan cuma kebagian sampahnya tok kulit dan sisanya. Maka dengan ada sentra kalau kita kumpul begini kita bisa mengatasi bibit, dua pakan dan kandang,” ujarnya
Dengan memiliki landasan hukum kelompok peternak kelinci andal sejahtera mandiri selain memberikan solusi terkait kebutuhan bibit, pakan dan kandang juga akan bekerja sama dengan sejumlah pihak, bahkan sudah berencana untuk melakukan penelitian terkait sejumlah penyakit yang selama ini menjadi momok peternak kelinci di Magetan. Suryo mengatakan, rencananya pihak UGM telah berencana bekerja sama untuk melakukan penelitian terkait penyakit perut pada kelinci yang membuat kelinci rentan mati saat masih kecil karena selama ini belum ada obatnya. “UGM akan praktek di kelompok kita untuk pengadaan vaksin, ada bakteri yang di dalam perut, ketika kelinci kecil akan mati. Jadi ketika dia nyusu ke induknya dia tahan karena imunnya, tetapi ketika dia masa sapih hingga 2 bulan di rentan, protozoanya rentan menyerang. Jadi di sini rentan kematian di masa sapih,” imuhnya.

Baca Juga:  Edukasi Soal KDRT, Dinsos Magetan Bekali IRT Dengan Ketrampilan Membuat Kue

Saat ini Kelompok peternak kelinci andal sejahtera mandiri memiliki anggota 40 anggota dan 7 pengurus yang tersebar di Magetan, Ponorogo, Madiun, Ngawi dan Pacitan. Sejumlah peternak kelinci dari Tarakan Kalimantan Utara bahkan sudah melakukan studi banding ke peterankan kelinci Suryo untuk mengembangkan peternakan kelinci di Kalimantan. (DmS)

Baca Juga:  Agus Layangan, Disabilitas Yang Bisa Selesaikan Layangan Sawangan Dalam 4 Jam

 229 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *