Connect with us

Ekonomi&UMKM

Cara Hindari Lonjakan Pembayaran Listrik Jika Pemerintah Hentikan Program Listrik Gratis di Masa Pandemi Covid 19.

Published

on

Cara Hindari Lonjakan Pembayaran Listrik Jika Pemerintah Hentikan Program Listrik Gratis di Masa Pandemi Covid 19.

Rasi Fm – PLN Cabang Magetan belum bisa memastikan apakah listrik gratis untuk membantu masyarakat dimasa pandemic covid 19 akan diperpanjang tahun 2021 mendatang. Direktur PLN Magetan Bambang Wahyu saat melakukan dialog di radio Rasi FM mengatakan, belum ada pernyataan resmi dari pemerintah apakah program listrik gratis dimasa pandemic covid 19 akan perpanjang atau akan dihentikan pada Bulan Desember mendatang. PLN Magetan menghimbau pelanggan untuk mengontrol penggunaan listrik jika pemerintah benar benar menghentikan program listrik gratis atau discount 50 persen.
“Sampai Desember itu kebijakan diperpanjang atau tidak itu tergantung dari pemerintah, karena itu memang kebijakan dari pemerintah. Kalau memang tidak dilanjut saya sampaikan kepada temen temen, kebetulan tadi ada pertemuan dengan temen temen petugas Binmen, saya sampaikan supaya masyarakat yang sekarang menikmati listrik gratis atau discount 50 persen tolong pemakaiannya di control.,” ujarnya.
Bambang Wahyu menambahkan, himbauan untuk control terhadap pemakaian lsitrik oleh pelanggan dimaksudkan untuk mencegah adanya lonjakan pembayaran listrik pasca listrik gratis atau discount 50 persen dimasa pandemic covid 19. Dengan pembebasan pembayaran listrik biasanya ada kecenderungan pemakaian listrik berlebih, sehingga saat pemerintah menghentikan program listrik gratis dipastikan terjadi kenaikan pembayaran listrik.
“Biasanya kalau sudah gratis, biasa los pemakaiannya. Padahal nanti saat Desember ternyata Bulan Januari tidak diperpanjang pasa saat mereka pembayaran pertama kali , kaget mereka kok banyak. Memang kelihatan kalau daya 450 rata rata satu bulan itu paling banter antara 25 sampai 30 KWH atau 40 KWH. Kalau lebih dari itu ada pemakaian yang over. Takutnya mereka biasanya mbayarnya sekian kok jadi sekian,” imbuhnya.
KOntrol pemakaian listrik Menurut Bambang untuk mengatisipasi meski belum ada kejelasan apakah pemerintah akan menghenetikan atau melanjutkan program listrik gratis dimasa pandemic covid 19. Jumlah pelanggan daya 450 seluruh Indonesia yang menikmati listrik gratis mencapai 15 juta pelanggan. (DmS).

 106 total views,  3 views today