Connect with us

Ekonomi&UMKM

Agus Layangan, Disabilitas Yang Bisa Selesaikan Layangan Sawangan Dalam 4 Jam

Published

on

Agus Layangan, Disabilitas Yang Bisa Selesaikan Layangan Sawangan Dalam 4 Jam

Rasi Fm – Agus Widodo warga Desa Jatisari , Pandean, Kabupaten Magetan mampu menyelesaikan pesanan layangan sawangan dalam waktu 4 jam. Layangan pesanan tersebut rata rata minimal memiliki panjang lebih dari 1 meter. Agus sendiri merupakan orang dengan kebutuhan khusus karena tangan kirinya dan salah satu kakinya mengalami perkembangan yang tidak sempurna. Jika musim kemarau, pesanan layangan sawangan Agus mencapai puluhan biji setiap minggu. Pemesannya bahkan sampai di luar kota. Dari Karesidenan Madiun hingga sidoarjo dan Surabaya. Berbagai bentuk layangan Agus juga mampu membuat.
“Pesanannya mitonan saya buatkan mitonan, pesanannya nanggalan saya buatkan nanggalan, tergantung yang pesan. Kadang garuda yang sulit layangan laba laba, itu butuh angin yang besar karena bambunya kan banyak,” ujarnya.
Agus mengaku mngalami perkembangan tidak sempurna pada kaki dan tangan sejak lahir. Sejak kecil Agus mengaku harus bekerja keras untuk membiasakan diri dengan kekurangan pada dirinya. Agus juga bekerja keras seperti bertani dan membuat layangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Agus mengaku bersyukur mendapat bantuan kaki dan tangan palsu, sehingga mampu membantu kegiatan social bermasyarakat. Sebelumnya Agus hampir jarang keluar rumah karena kekuranganya , saat ini Agus mengaku lebih percaya diri dengan bantuan tangan dan kaki palsu.
“Enak pakai baju pakai celana. Kalau sebelum dapat bantuan kan ndak pernah pakai celana panjang, celana pendek terus sambil pakai kruk. Ya kalau keluar saja pakai ini, kalau dirumah saya jarang pakai,” imbuhnya.
Agus berharap dengan kemudahan melakukan kegiatan sosial bersilaturohim dengan orang banyak usahanya membuat layangan akan bertambah lancar. Agus mengaku hasil layangan yang dibuatnya masih dijual secara manual. Dia berharap dengan adanya bantuan berjualan online hasil karya layangannya akan lebih banyak lagi terjual. (DmS)

 100 total views,  6 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *