Connect with us

Ekonomi&UMKM

Berdayakan Masyarakat, Kades Melangasri Bidik Potensi Ekonomis Porang Dengan Bikin Demplot

Published

on

Berdayakan Masyarakat, Kades Melangasri Bidik Potensi Ekonomis Porang Dengan Bikin Demplot

Rasi Fm – Berdayakan masyarakat dimasa pandemic covid 19 Kepala Desa Melangasri membangun percontohan pemberdayaan tanaman porang dilahan seluas 1 hektar miliknya. Kepala Desa Melangasri Anggit Ardyanto mengatakan, upaya pemberdayaan porang didesanya telah melibatkan 4 petani lainnya serta BUMDes dengan luas lahan lebih dari 3 hektar. Rencananya komoditas porang tersebut akan dikembangkan sebagai usaha bumdes.

“Ketika nanti project saya sendiri berhasil Bumdes berhasil harapan saya warga masyarakat bisa ikut nanam porang juga dimana hasilnya nanti bisa untuk pemulihan ekonomi pasca pandemic,” ujarnya.
Anggit menambahkan, pihaknya telah megikuti kursus pemberdayaan porang di Indo Porang milik Paidi salah satu pengusaha porang sukses dari Kabupaten Madiun. Pembudidayaan porang melalui bibit umbi tersebut akan dilakukan satu musim tanam, sehingga masyarakat tidak akan menunggu lama menikmati hasil porang. Untuk menampung hasil panen porang miliknya termasuk hasil porang warga lainnya Angit mengaku telah bekerja sama dengan pengusaha porang yang siap menampung hasil panen mereka. Budidaya porang menurut anggit sangat menjanjikan penigkatan perekonomian masyarakat.
“Hitungan yang saya praktekkan, biayanya sekitar 80 juta. Target dalam satu musim satu bibit 75 ons lah satu bibit kali 40.000 tumbuhan ketemu 30 sampai 35 ton. Mudah mudahan harganya stabil di angka 10.000 kita dapat 350 juta, belum lagi kita panen kata 150.000 lah sekilo,” imbuhnya.

Budidaya porang menurut Anggit nantinya akan dijadikan program desa dengan memberdayaan lahan tidur di sekitar rumah warga yang saat ini tidak dimanfaatkan. Rencananya pihak desa akan membagikan bibit kepada warga untuk ditanam di lahan lahan tidur milik mereka sehingga bisa menjadi sumber ambahan pendapatan dimasa pandemic covid 19.(DmS).

 43 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *