Connect with us

Budaya

Terinspirasi Spirit Perjuangan Maduretno Melawan Penjajah Belanda, Mahasiswa ISI asal Magetan Membuat Kreasi Drama Tari

Published

on

Terinspirasi Spirit Perjuangan Maduretno Melawan Penjajah Belanda, Mahasiswa ISI asal Magetan Membuat Kreasi Drama Tari

Rasi Fm – Terinspirasi oleh perjuangan Maduretno yang dimakamkan di Gunung Bancak Kabupaten Magetan, Mahasiswa ISI Solo yang berasal dari Magetan membuat kreasi tari yang menggabungkan spirit perjuangan Maduretno melawan penjajah dengan mengkombinasikan tekhnik menari dan unsur estetik dunia tari.
Tegar Surya Utama yang saat ini masih menempuh pendidikan di ISI Surakarta yang juga merupakan anggota dari group tari Aswa Muswanda Kusuma Surakarta mengatakan, tari yang dibawakan oleh rekan rekannya merupakan tarian yang idenya berasal dari kesenian Jaranan dari yang di kreasikan dengan gaya tari dari Surakarta yang digabungkan dengan unsur dramatik.
Dia menyebut kreasi tari yang menggambarkan pasukan berkuda dari Raden Mas Said dengan spirit Maduretno dimana terwakili dari 4 penari yang membawakan tarian merupakan perempuan. Semua unsur tesebut kemudian dipadukan menjadi sebuah sendratari yang cukup epik karena diiringi dengan iringan gamelan yang diaransemen cukup megah yang menggambarkan kegagahan gerak pasukan berkuda wanita yang siap maju perang melawan penjajah.
“Bisa masuk sendratari karena disitu ada tokoh yang memimpin pasukan berkuda untuk melawan penjaha Belanda. Spirit tari ini adalah Maduretno seorang putri, kita simbolkan sebagai prajurit perempuan yang gaya tarinya gagah,” ujarnya.
Melalui gerak tari yang dia kreasikan, Tegar memberikan pesan kepada para generasi muda untuk terus menjaga keluhuran seni budaya yang ada di Indonesia. Menurutnya seni di Indonesia yang beragam merupakan kekayaan budaya yang tidak dimiliki oleh negara lain. Sebagai generasi muda menurutnya sudah selayaknya ragam kesenian tersebut terus dijaga dipelihara dan dileastarikan oleh generasi muda saat ini. (DmS)

Baca Juga:  Kunjungi Korban Banjir di Magetan, Gubernur Khofifah Percepat Pembangunan Jembatan.

 126 total views,  9 views today