Connect with us

Kesehatan & OlahRaga

Pasien Stroke Meningkat Signifikan, RSUD Sayidiman Magetan Buka Unit Pelayanan Stroke.

Published

on

Pasien Stroke Meningkat Signifikan, RSUD Sayidiman Magetan Buka Unit Pelayanan Stroke.

RASI FM – RSUD Sayidiman Magetan membuka unit stroke untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan penanganan stroke. Kepala Pelayanan Unit Stroke RSUD Sayidiman Magetan Titian Rahma dr Spesialis Neurologi mengatakan, dibukanya unit stroke untuk memberikan pelayanan masyarakat yang menderita stroke karena pasien stroke mengalami peningkatan jumlah yang signifikan dimana dalam satu malam RSUD Sayidiman bisa menerima 5 pasien.

“Kemarin Hari Rabu (13/12) pembukaan unit stroke. Unit Stroke itu asdalah unit yang khusus pasien stroke akut dengan berbagai penyulit atau komorbit perlu penanganan yang lebih intensif dibandingkan dengan bangsal biasa,” ujarnya ditemui di Ruang Unit Stroke Kamis (14/12/2023).

Baca Juga:  Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke 77, Pemerintah Kabupaten Magetan Bukukan Perjuangan Veteran.

Titian Rahma menambahkan, trend stroke juga mengalami perubahan dimana biasanya usai 60 tahun namun saat ini usia 26 tahun juga didapati pada pasien stroke. Unit stroke yang memiliki 7 ruang tidur untuk kelas 2 dan kelas 3 serta 2 ruangan untuk kelas 1 juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas peralatan medis yang menunjang penanganan pasien stroke. Unit stroke juga melayani pasien dengan BPJS.

Baca Juga:  Atlit Paralayang Kabupaten Magetan Sumbang Medali Perunggu di Ajang Porprov Jember.

“Pasien stroke kita banyak, kami mengharapkan pasien yang dirujuk ke RSUD Magetan penanganannya lebih baik dan lebih cepat sehingga pemulihannya juga lebih sempurna,” imbuhnya.

Stroke menurut Titian Rahma dipicu oleh pasien yang menderita hypertensi dan diabetes yang diawali oleh kelemahan anggota badan, gejala pelo atau perot, pusing atau nyeri kepala, kebas atau kesemutan atau perubahan mendadak serta kelupaan yang mendadak. Penderita stroke disarankan untuk segera di rujuk untuk melakukan ct scand agar diketahui kodisi stroke yang dideritanya berupa persumbaatan atau perdarahan sehingga penangan meedis lebih terarah.

Baca Juga:  Selain Jaminan Kecelakaan, Atlit Porprov Kabupaten Magetan Akan Mendapat Bonus.

“Misalkan ada stroke atau diduga stroke segera di rujuk untuk melakukan ct scand agar diketahui kodisi stroke yang dideritanya berupa persumbaatan atau perdarahan sehingga penanganan medis lebih terarah,“ucapnya.

Kesembuhan pasien yang terkena stroke Menurut titian Rahma bergantung kepada tingkat keparahan stroke yang diderita pasien. (DmS)

VISUAL NEWS klik

 775 total views,  3 views today