Connect with us

Budaya & Pariwisata

Napak Tilas 7 Sumber Kecamatan Panekan, Edukasi Keberlangsungan Mata Air Berbalut Wisata.

Published

on

Napak Tilas 7 Sumber Kecamatan Panekan, Edukasi Keberlangsungan Mata Air Berbalut Wisata.

RASI FM – Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan kembali menggelar posesi budaya edukasi keberlangsungan mata air dengan dibalut wisata. Camat Panekan Decong Maleleh mengatakan, ditahun kedua kegiatan napak tilas 7 sumber sebagai agenda tahunan melibatkan semakin banyak masyarakat dan seniman sebagai bentuk satu kesatuan antara pelestarian sumber air dengan budaya.

“Di tahun kedua kegiatan napak tilas 7 sumber ini kehadiran budaya melalui seni reyog dan seni tari semakin banyak terlibat sebagai bentuk media sosialisasi akan pentingnya keberlangsungan 7 sumber air di 5 desa di kecamatan Panekan ini yang selama ini menghidupi warga,” ujarnya.

Baca Juga:  Lagi, Kreator Film dari Magetan Sabet Juara di Tingkat Nasional

Di 6 sumber air yang lebih banyak dimanfaatkan oleh warga sebagai irigasi lahan pertanian dilakukan penebaran benih ikan sebagai pendukung kehidupan sumber air, sementara di sumber puluhan penebaran benih dibatasi mengingat sumber tersebut merupakan sumber yang digunakan warga memenuhi kebutuhan air minum.

“7 Sumber air ini berada di Desa Jabung, Ngiliran, Bedagung, Sukowidi, Tapak dan Sumberdodol, kita tebar ikan untuk keberlangsungan mata air dan juga sebagai potensi perikanan,” imbuhnya.

Di sejumlah titik sumber air panitia napak tilas 7 sumber juga kembali mengenalkan permainan anak anak seperti dakon, bentik, andan dan permainan tradisional lainnya,sehingga sejak dini anak anak tersebut selain mengenal permainan tradisional juga mulai mengenal pentingnya menjaga keberlangsungan sumber air bagi pendukung kehidupan.

Baca Juga:  Ribuan Warga Magetan Ikuti Tes CPNS di GOR Ki Mageti.

“Dibeberapa sumber air kita sediakan permainan tradisional seperti dako, bentik andan dan lain sebagainya sebagai upaya edukasi kepada generasi sekarang. Ini juga sebagai bentuk menanamkan pentingnya menjaga keberlangsungan sumber mata air agar terus terjaga kelestariannya,” ucap Decong.

Napak Tilas 7 sumber diberangkatkan langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto dari Taman Wisata Desa Jabung dimana ratusan peserta napak tilas satu persatu menyinggahi 7 sumber air yang ada sehingga mereka mengetahui dan melihat langsung keberlangusngan sumber mata air tersebut. Napak tilas 7 sumber berakhir di lapangan Desa Sumberdodol yang juga memiliki potensi wisata air baik kolam renang maupun wisata relaksasi di kolam ikan koi.

Baca Juga:  Bupati Magetan Resmikan 3 Hutan Kota sebagai Ruang Hijau Terbuka.

“melalui kegiatan ini kita harapkan potensi wisata dari sumber daya air yang ada di Kecamatan akan berkembang sehingga berdampak pada kepdulian masyarakat terhadap keberlangsungannya dan bisa menggerakkan perekonomian warga,” pungkas decong. (DmS)

 683 total views,  3 views today