Connect with us

Budaya & Pariwisata

OI Magetan Gelar Pameran Budaya, Ada Keris Seharga Rp 1 M Yang Dipamerkan.

Published

on

OI Magetan Gelar Pameran Budaya, Ada Keris Seharga Rp 1 M Yang Dipamerkan.

Rasi Fm – Ormas Orang Indonesia Kabupaten Magetan menggelar kegiatan pameran budaya dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78 dan hari ulang tahun Ormas OI ke 24. Ketua OI Magetan Agus Tawab mengatakan, kegiatan pameran budaya yang dilaksanakan di Eks Distrik Maospati diikuti oleh sejumlah penggiat budaya salah satunya adalah dengan pameran pusaka keris yang berasal dari jaman kerajaan. Ratusan penggiat budaya selain memamerkan keris pusaka milik mereka juga melakukan lelang keris. Salah satu keris yang dilelang adalah keris luk 13 sengkelat milik salah satu kolektor asal Magetan yang ditawarkan hingga Rp 1 m.

Baca Juga:  Bersamaan Pemilu, Warga Sarangan Gelar Larung Tumpeng Secara Sederhana.

“Ini hari OI ke 24 dan HUT RI ke 78 dengan pameran budaya, santunan anak yatim, pameran keris dan akik dan UMKM. Kita mengangkat cagar budaya di distrik Magetan. Bursa kerisnya dari Madiun , Ponorogo, Magetan. Keris dari mbah langeng itu “ujarnya.

Baca Juga:  Prihatin Insiden Kanjuruhan, Gubernur Tunda Pesta Rakyat Peringatan HUT Provinsi Jawa Timur.

Agus Tawab menambahkan, pameran pusaka keris yang dilaksanakan di Eks Distrik Maospati merupakan upaya edukasi bagi masyarakat terkait peninggalan leluhur yang menjadi bukti jejak sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang pernah mencapai puncak kejayaan di era kerajaan Majapahit. Keris juga melambangkan sebagai budaya dari nenek moyang yang memiliki nilai tinggi terkait pembuatan pusaka yang rumit dengan bahan pembuatan keris yang unik karena sebagian keris dibuat berasal dari pecahan batu meteor.

Baca Juga:  Keluarga Deny Cak Nan Ngunduh Mantu, Pastikan Undang Happy Asmara

”Koleksi ada dari Madiun Magetan, Ponorogo. Eranya ada yang dari majalahit, Ngabudan dan dari Mageti juga ada,” imbuhnya.

Semangat peringatan HUT RI ke 78 selain mengajak masyarakat menelusuri sejarah, OI juga mengajak masyarakat melesatarikan budaya reyog Ponorogo. Kegiatan pameran budaya juga melibatkan pelaku UMKM yang ada di Pasar Maospati untuk berperan dalam menggeliatkan roda perekonomian di Magetan dengan memasarkan produk unggulan mereka. (DmS)

 858 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *