Connect with us

Politik

Warga Selosari Jadikan Belimbing Wuluh Bernilai Ekonomis

Published

on

Warga Selosari Jadikan Belimbing Wuluh Bernilai Ekonomis

Warga Selosari Jadikan Belimbing Wuluh Bernilai Ekonomis

Rasi Fm – Warga Kelurahan Selosari Kabupaten Magetan menjadikan belimbing wuluh yang mudah tumbuh di lingkungan mereka dan memiliki buah yang cukup banyak menjadi memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Salah satu warga Selosari Indah Sunardi mengatakan, belimbing wuluh yang tumbuh subur di pekarangan warga tidak memiliki harga dan tidak laku dijual ketika masih berbentuk buah. Warga dilingkungannya kemudian menjadikan belimbing wuluh menjadi manisan yang cara membuatnya tidak sulit, apalagi bahan yang dibutuhkan juga tersedia dapur warga.
“Cara buatnya belimbing wuluh dibersihkan dari ujung ujungnya, kulit aslinya kemudian dilukai dengan menggunakan sendok garpu. Terus dibalur dengan garam, direndam pakai air kapur sirih ditunggu sampai 1 jam, setelah itu dicuci bersih barus ditiriskan. Kita merebus gula sama air, setelah mendidh kita tuangkan ke belimbing wuluh setelah itu ditirisankan. Proses itu sampai 3 kali 24 jam,” ujarnya.
Indah Sunardi menambahkan, saat ini warga dilingkungannya masih mengupayakan peningkatan kualitas dan kuantitas hasil olahan manisan belimbing wuluh. Saat ini warga masih memproduksi manisan belimbing wuluh alam kapasitas rumahan. Selain dilingkungan kelurahan Selosari, ibu ibu juga melakukan penjualan dengan melalui media social dan online.
Kelurahan Selosasri saat ini menjalani penilaian dalam lomba kampung iklim yang dilaksanakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup. Kelurahan Selosari memiliki sejumlah taman yang ditanami tanaman bunga dan sayuran sebagai lokasi untuk bersantai warga. Kebiasaan menanam bunga dan sayuran saat ini menjadi kebiasaan warga Kelurahan Selosari untuk melawan perubahan iklim. (DmS)

 33 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *