Connect with us

Pendidikan

Vakum Setahun Karena Pandemi, SD Magetan 2 Kenalkan Batik Lebah Madu

Published

on

Vakum Setahun Karena Pandemi, SD Magetan 2 Kenalkan Batik Lebah Madu

Rasi Fm – Penguatan karakter anak didik, Sekolah Dasar Magetan 2 mengenalkan batik Madu laras dari akronim Magetan Dua Olah Rasa sebagai ajang ekspresi ketrampilan siswa. Kepala Sekolah SD Magetan 2 Warasati mengatakan, batik madu laras sebetulnya sudah digeluti Sekolah Dasar Magetan 2 namun karena pandemic covid 19 membuat kegiatan membatik terhenti. Meski demikian para guru kemudian menyempurnakan desain batik madu laras dari kolaborasi hasil karya  siswa di bidang senirupa.
“Awalnya ekstrakulikuler melukis, kemudian pak Kamto menggabungkan dari coretan anak anak ketika ekstrakulikuler itu dengan memanfaatkan unsur unsur lingkungan sehingga motif batik ini mengambil dari lingkungan sekitar. Dari lengkeng, mangga, daun serai kemudian beckground mengambil rumah lebah,” ujarnya.
Warasati menambahkan, batik madu laras desain dari kolaborasi hasil karya senirupa siswa menggambarkan lingkungan di SD Magetan 2 dimana ada peternakan tawon dengan memanfaatkan lingkungan sekolah yang banyak tanaman pohon dan bunga yang menyediakan kebutuhan bahan dasar proses pembuatan madu oleh lebah. Motif batik madu laras juga menggambarkan tumbuhan sekitar dengan dasar rumah tawon dan hewan lebah yang selalu berguna untuk kehidupan manusia.
“Lebah secara filososfi merupakan hewan yang senantiasa bermanfaat bagi kehidupan manusia. Harapannya untuk siswa siswi kita bermanfaat untuk masyarakat nusa dan agama,” imbuhnya.
SD Magetan 2 rencannaya akan menjadikan batik madu laras sebagai seragam siswa dan guru serta menjadikan batik madu laras sebagai ciri khas sekolah dasar Magetan 2. (DmS).

Baca Juga:  Dimasa Pandemi, Sejumlah Penulis Buku Masih Aktif Menghasilkan Karya.

 126 total views,  3 views today