Connect with us

Pendidikan

Ini Langkah Ombudsman Terkait Laporan Orang Tua Siswa SMAN 2 Magetan

Published

on

Ini Langkah Ombudsman Terkait Laporan Orang Tua Siswa SMAN 2 Magetan

Rasi Fm – Ombudsman masih akan melakukan pendalaman laporan orangtua siswa SMAN 2 Magetan terkait dugaan pungutan yang tidak sesuai dengan aturan permendikbud. Tim Pemeriksaan Laporan Masyarakat Ombusman Muhammad Diyanto mengatakan, Sandi Wijaya melaporkan kepada ombudsman jika pihak sekolah diduga melakukan pungutan terhadap siswa. Sandi Wiajaya juga melaporkan tidak adanya transparansi terkait penggunaan anggaran pungutan yang dilakukan oleh pihak sekolah.
“Dugaan pungutan yang tidak sesuai dengan permendikbud no 75 tahun 2016 mengenai Komite Sekolah. Bahasanya kalau di peraturan itu harusnya yang diberlakukan sumbangan, pungutan itu tidak boleh dilakukan oleh komite sekolah. Dari pak Sandi menyampaikan tidak ada pembahasan mengenai rincian kegunaan sumbangan itu. Itu yang dipermasalahkan. Nanti kita akan membuktikan hal itu apakah benar atau tidak,” ujarnya.
Muhammad Diyanto menambahkan, hasil dari klarifikasi kepada pihak KOmite Sekolah mengatakan jika keterbatasan waktu saat penyampaian rincian penggunaan dana belum bisa di laporkan karena pada saat pertemuan sudah menjelang sholat Jumat. Pihak KOmite juga mempersilahkan kepada orang tua siswa bisa melakukan koordinasi langsung dengan ketua komite maupun pengurus KOmite.
“ Jadi dari phak komite menyampaikan pada hari Jumat itu karena keterbatasan waktu karena mau sholat Jumat. Makanya penyampaian rincian penggunaan anggaran belum bisa diflorkan. Tapi disampaikan komite kalau ada pernyataan lain mengenai hal ini bisa ke ketua komite atau pengurus komite. Setelah klarifikasi ini kita ada berkas berkaitan dengan apakah itu kategori pungutan atau sumbangan,” imbuhnya.
Dari hasil klarifikasi yang dilakukan di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Ponorogo Ombudsman mengaku masih membutuhkan pendalaman dan tidak tertutup kemungkinan kedua belah pihak akan dimintai keterangan tambahan untuk memperjelas permasalahan.(DmS)

Baca Juga:  Wali Yatim, Program Yayasan Al Hayat Untuk Keberlangsungan Pendidikan Anak Yatim Piatu

 532 total views,  3 views today