Connect with us

Politik

Terkait Banjir Jl Sukowati, Ini Tanggapan Komisi D DPRD Magetan.

Published

on

Terkait Banjir Jl Sukowati, Ini Tanggapan Komisi D DPRD Magetan.

Rasi Fm – Menanggapi banjir di Jl Sukowati yang sering terjadi saat hujan deras mengguyur Kabupaten Magetan, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Magetan meminta pemerintah melakukan pengawasan lebih ketat terhadap pengembangan perumahan. Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Magetan Suyono Wiling yang sempat turun ke kawasan Jl Sukowati mendapati banjir yang selama ini terjadi dikarenakan menyusutnya kawasan tangkapan air hujan yang berubah menjadi kawasan pemukiman. Hal tersebut membuat air hujan langsung menuju kawasan yang lebih rendah seperti kawasan Jl Sukowati.
“Lahan yang ada di Terung atau di atasnya itu dulu lahan hijau, itu luar biasa tapi sekarang ini berubah. Berubah jadi pemukiman dan lainnya,” ujarnya.
Suyono Wiling menambahkan, pemerintah harus melakukan penegakan terhadap aturan penerapan ruang terbuka hijau saat kawasan terutama kawasan pertanian akan diberubah menjadi kawasan pemukiman. DPRD Kabupaten Magetan sendiri saat ini masih melakukan penyusunan perda LP2B, Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.
“Suatu misal ada warga yang membangun rumah di lahan pertanian saya berharap itu ditegur untuk tidak melanjutkan. Saat ini yang ada di lembaga ini sedang menyusun perda LP2B, Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan,” imbuhnya.
Sebelumnya banjir terjadi di Jl Sukowati sempat viral di media sosila karena salah satu pemotor jatuh dan terseret banjir akibat meluapnya air dari sungai yang tidak lagi mampu menampung derasnya air hujan. Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Magetan beberapa hari terakhir juga membuat sejumlah jembatan dan talut ambrol. (DmS).

Baca Juga:  Imbas Pendaki Berjubel Saat Perayaan HUT ke 75 RI, Pemkab Magetan Tutup Jalur Pendakian.

 212 total views,  6 views today