Connect with us

Legalitas

Sentra Terpadu Kartini di Temanggung akan Launching Layanan “LATIH ADIKKU” di Madiun

Published

on

Sentra Terpadu Kartini di Temanggung akan Launching Layanan "LATIH ADIKKU" di Madiun

Rasi Fm- Sentra Terpadu Kartini Temanggung terus memperluas layanan dengan meluncurkan layanan baru yang bernama “LATIH ADIKKU.” Layanan ini didesain khusus untuk membantu Penerima Manfaat (PM) disabilitas dan anak-anak berkebutuhan khusus. Launching akan dilaksanakan di Shalter/Penampungan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kota Madiun yang berada di Jl. Srindit Kota Madiun Selasa 31 Oktober 2023.

Kepala Bagian Tata Usaha Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Hendra Permana mengatakan “LATIH ADIKKU” atau Layanan Terapi Khusus bagi Penyandang Disabilitas dan Anak Berkebutuhan Khusus adalah layanan terapi holistik yang mencakup Terapi Okupasi, Terapi Wicara, dan Fisioterapi. Layanan ini tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk Layanan Residensial, Daycare, Homecare, Unit Layanan Terapi di Sentra Terpadu Kartini Temanggung, dan Unit Layanan Terapi yang menjangkau seluruh wilayah kerja yang ada di 22 kabupaten kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur.

Baca Juga:  Sejumlah Pekerjaan Belum Selesai Jelang Penyerahan, Dinas Perindag Magetan Minta Pelaksana Proyek Rehabilitasi Pasar Baru Lembur.

“Selama ini layanan Terapi Khusus di Sentra Terpadu Kartini di Temanggung hanya menyasar PM program residensial dan day care di wilayah Temanggung, sementara layanan ini dibutuhkan oleh banyak penyandang Disabilitas dan anak berkebutuhan khusus di banyak daerah,” jelas Hendra

Hendra menilai permasalahan mahalnya biaya layanan terapi khusus membuat layanan tersebut menjadi sulit dijangkau masyarakat kurang mampu, padahal layanan tersebut diperlukan untuk membantu beragam hambatan fisik disabilitas fisik, mental, intelektual, serta keterbatasan bicara dan sensori seperti Autis, ADHD, Speech Delay, Cerebral Palsy, dan lainnya.

Baca Juga:  LOGO RASI FM

“Sentra Terpadu Kartini di Temanggung dalam memperluas layanan layanan terapi khusus tersebut di berbagai kabupaten dan kota melalui kerjasama dengan dinas sosial dan lembaga kesejahteraan sosial setempat. Launching ini akan disusul oleh launching di beberapa kabupaten dan kota lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah,” sebut Hendra

“Selain layanan di fasilitas Sentra Terpadu Kartini, “LATIH ADIKKU” juga memberikan pelayanan langsung di rumah (homecare). Ini mencakup berbagai terapi dan penguatan keluarga yang dilakukan oleh para pekerja sosial, hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penanganan anak disabilitas dan anak berkebutuhan khusus,” sambung Hendra.

Baca Juga:  Pertengahan Januari 2024 Dinas Kesehatan Magetan Catat Ada kenaikan Kasus DBD.

“Sentra Terpadu Kartini Temanggung berkomitmen untuk terus dalam memberikan layanan rehabilitasi sosial yang berkualitas dan menjangkau masyarakat luas, LATIH ADIKKU, adalah langkah inovasi kami,” kata Hendra.

Launching dan penyerahan bantuan ATENSI tersebut direncanakan akan dihadiri oleh Walikota Madiun, Maidi beserta jajaran Dinas.

*Sentra Terpadu Kartini di Temanggung merupakan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Kementerian Sosial Republik Indonesia, di bawah naungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial (Ditjen Rehsos) yang memberikan layanan multi untuk Penerima Manfaat* (Adv)

 651 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *