Connect with us

Ekonomi&UMKM

Selama Ramadhan Permintaan Janggelan Meningkat 2 Kali Lipat.

Published

on

Selama Ramadhan Permintaan Janggelan Meningkat 2 Kali Lipat.

Rasi Fm – Permintaan cincau hitam atau warga Magetan menyebutnya janggelan mengalami peningkatan setiap memasuki Bulan Ramadhan. Jaini Suwarno salah satu karyawan usaha mikro kecil menengah pembuatan janggelan di Dusun Jetak Desa Tanjung Sari mengatakan, jika di hari biasanya bahan janggelan yang dimasak hanya 25 kilogram namun saat Bulan Ramadhan seperti kali ini, setiap hari usaha rumahan pembuatan janggelan tempatnya bekerja menghabiskan 3 kuintal tanaman janggelan sebagai bahan baku pembuatan cicau hitam.
“Kalau Bulan Ramadhan yang dimasak 2 sampai 3 kuintal tapi kalau hari biasa sedikit bahan mentah hanya 20 sampai 25 kilo saja janggelan yang kita masak,” ujarnya.
Jaini Suwarno menambahkan, penjualan makanan yang dipercaya kaya akan serat serta berkhasiat untuk mencegah panas dalam tersebut jika di hari biasa hanya melayani Kabupaten Magetan, namun pada bulan puasa permintaan janggelan selain Karesidenan Madiun bahkan juga mencapai Solo, Yogyakarta bahkan sampai ke Klaten.
“Saat ini lokalan Ngawi, Ngraho, Bojonegoro ada yang ke Karanganyar ada yang ke Kartosuro. Kalau bekerja dari jam 7 sampai jam 11 malam,” imbuhnya.
Meski permintaan janggelan meningkat di Bulan Ramdahan kali ini, namun karena masa pandemic covid 19 peningkatan tersebut tak seperti saat Bulan Ramdahan sebelum pandemic. Dalam sehari sebelum pandemic janggelan yang bisa dijual setiap hari mencapai 400 ember dimana satu ember beratnya 35 kilogram. (DmS)

Baca Juga:  Warganya Kesulitan Bayar Cicilan Pinjaman BKD Dimasa Pandemi, Kades Gebyog Putihkan Bunga Pinjaman

 141 total views,  3 views today