Connect with us

Politik

Sediakan Belasan Titik Wifi Gratis, Ini Keuntungan Yang Didapat Desa Plumpung

Published

on

Sediakan Belasan Titik Wifi Gratis, Ini Keuntungan Yang Didapat Desa Plumpung

Sediakan Belasan Titik Wifi Gratis, Ini Keuntungan Yang Didapat Desa Plumpung

Rasi Fm – Pemerintah Desa Plumpung Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan menyediakan belasan titik wifi gratis bagi warganya. Kepala Desa Plumpung Jaelani Wahyudiarjo mengatakan, pemasangan wifi gratis sebanyak 12 titik di seluruh pos kampling di desa Plumpung telah dilaksanakan oleh pemerintah desa sejak setahun yang lalu. Pemasangan wifi gratis dilakukan untuk mempermudah komunikasi bagi penjual sayur keliling atau etek karena posisi desa mereka yang dikepung perbukitan membuat sinyal telekomunikasi tidak bisa menjangkau desa Plumpung.
“Sinyal disini sangat jelek, apalagi disini itu mata pencahariannya rata rata etek, anak yang keliling sayur. Akhirnya kalau komunikasi lancar besok bisa jualan. Dulu susah sekali, wong ini dikasih seperti itu masih ada yang eror,” Katanya Senin (03/07/2020).
Jaelani menambahkan, pemasangan belasan titik wifi gratis di setiap pos ronda di desanya selain mempermudah warganya melakukan aktifitas jual beli juga menghemat pengeluaran warga untuk membeli paket data, karena warga hanya menggunakan data saat berada di luar desa. Dalam sebulan Desa Plumpung mampu menghemat puluhan juta rupiah dari pembelian paket data warga.
“Setiap bulan minimal kita bisa mengurangi pengeluarab orang tua atau pekerja untuk beli paket data. Setiap bulannya kita bisa menghemat puluhan juta rupiah, hanya karangan saja. Pastinya dengan adanya wifi gratis bisa mengurangi beban dari 5 atau 4 hp, kalau 400 orang punya secara umum bisa mengurangi beban masyarakat,” imbuhnya.
Selain memperlancar kegiatan perekonomian warga dan menghemat pengeluaran paket data warga, keberadaan wifi gratis di setiap pos ronda saat ini juga sangat dirasakan oleh pelajar di Desa Plumpung. Lebih dari 600 pelajar sekolah saat ini tidak kesulitan mengakses bahan pelajaran sekolah yang dilakukan secara daring,
“ Dengan adanya ini anak anak didik , masyarakat yang bisnis , anak yang sekolah setiap saat minimal bisa mebantu kelancaran program pendidikan ini,” ucapnya.
Setiap bulan Desa Plumpung mengeluarakan anggaran 1.200.000 untuk 12 titik wifi gratis di setiap pos ronda. Jumlah tersebut relative kecil dibandingkan dengan manfaat yang bisa dinikmati oleh warga dan penghematan warga untuk membeli kuota data. Perekonomian warga juga meningkat karena dengan bisa mengakses ineternet warga bisa belajar bagaimana cara bertani dan beternak yang menguntungkan. (DmS)

Baca Juga:  Media Sosial Jadi Penyebaran Paham Radikalisme, Ini Langkah Bakesbangpol Magetan

 166 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *