Connect with us

Budaya & Pariwisata

Rintisan Museum Dinas Pariwisata Magetan Terganjal Anggaran, Belum Prioritas.

Published

on

Rintisan Museum Dinas Pariwisata Magetan Terganjal Anggaran, Belum Prioritas.

RASI FM – Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan memastikan upaya rintisan museum untuk mengantisipasi artefak yang banyak tersebar di Kabupaten Magetan agar tidak hilang terkendala terkait lokasi dan prioritas kegiatan. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan Joko Trihono mengatakan, pihaknya masih mengupayakan penyelamatan artefak dengan menampung di Dinas Pariwisata untuk artefak yang memiliki kerawan hilang dan dicuri karena lokasinya yang berada dekat dengan jalan raya.

Baca Juga:  Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan Renovasi Arca Longsor di Desa Manjung.

” Rintisan musem kemarin ada kendala tempat. Ada beberapa perubahan terkait perubahan, Untuk sementara kita lakukan pengumpulan data dan artefak yang bisa kita simpan dulu, kemarin ada yang kita ambil kita selamatkan di kantor,” ujarnya.

Joko Trihono menambahkan, untuk mencegah artefak hilang pihaknya mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan keselamatan artefak. Upaya penyelamantan dengan mengumpulkan artefak terkendala oleh kepercayaan masyarakat terkait keberadaan benda purbakala di wilayah mereka akan terjadi sesuatu jika dipindah. Sayangnya meski tidak mengijinkan untuk dipindah dan diselamatkan kesadaran masyarakat masih rendah untuk ikut menjaga kelestarian artefak yang ada di wilayah mereka.

Baca Juga:  Napak Tilas 7 Sumber, Upaya Kecamatan Panekan Mengajak Masyarakat Mengenal Pentingnya Menjaga Keberlangsungan Sumber Air.

”masyarakat masih menganggap bentuk punden, tetapi loss pengawasan. Yang kita amwenakn kemarin satu yang memang memiliki kerawanan karena berada di pinggir jalan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Ikut Audisi The Next Didi Kempot, Keluarga Pengamen Ini Berharap Bisa Menjadi Penyanyi Campur Sari

Sebelumnya tahun 2023 artefak yang ada di 2 desa hilang diambil orang yang tidak bertangung jawab karena berada di lokasi yang jauh dari pemukiman. Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan saat ini telah mendata 128 artefak yang berada di lokasi yang rawan terjadi kerusakan dan resiko dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. (DmS)

 578 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *