Connect with us

Ekonomi&UMKM

Kenalkan Handcraff, Pemkab Magetan Akan Bangun Rumah Promosi

Published

on

Kenalkan Handcraff, Pemkab Magetan Akan Bangun Rumah Promosi

Rasi Fm – Pemerintah Kabupaten Magetan akan membangun rumah promosi untuk memperkenalkan handycraft atau kerajinan buatan warga yang bernilai jual tinggi. Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Magetan Sucipto mengatakan, pemerintah daerah akan membangun rumah promosi di Kelurahan Selosari yang merupakan jalur kunjungan destinasi wisata ke Telaga Sarangan. Di rumah promosi tersebut nantinya seluruh pengrajin baik kerajinan kuliner, kulit hingga batik bisa memamerkan hasil karya mereka. Rumah Promosi nantinya juga akan menjadi pusat penjualan kerajinan warga Magetan.
“Kita juga akan memfasilitasi penjualannya. (Ini rumah promosi untuk batik aja?) Ya semuanya kerajinan yang ada di Magetan, ada batik, ada kulit dan ada makannya,” ujarnya.
Sucipto menambahkan, saat ini kain batik menjadi trend di masyarakat Magetan dimana satu tahun terkahir terdapat penambahan 15 kampung batik. Di Magetan sendiri saat ini terdapat 30 kampung batik yang akan masih terus bertambah. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Dinas Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Magetan setiap tahun membuka pelatihan membatik dimana instruktur membatik didatangkan dari Yogyakarta.
“Nanti saya juga sudah punya rumah kemasan, kita melatih kemasannya kita juga pasarkan disitu. Ini setahun ini ada penambahan 15 tahan 2020 ini, Setiap tahun kita punya pelatihan membatik Jadi membatik tidak asal membatik tapi harus dilatih dulu tata caranya pewarnaannya seperti apa,” imbuhnya.
Melalui rumah promosi pemerintah Daerah Kabupaten Magetan berharap kerajinan tangan warga yang bernilai seni tinggi mampu mendukung iklim pariwisata yang bisa menjadi sektor unggulan di Magetan dan mampu meningkatkan sumber pendapatan warga. (DmS)

Baca Juga:  Berdayakan Masyarakat, Kades Melangasri Bidik Potensi Ekonomis Porang Dengan Bikin Demplot

 560 total views,  3 views today