Connect with us

Politik

Ibu Ibu Warga Desa Geni Langit Untung Jutaan Rupiah Dari Berdayakan Pekarangan Rumah untuk Bertanam Sayur

Published

on

Ibu Ibu Warga Desa Geni Langit  Untung Jutaan Rupiah Dari Berdayakan Pekarangan Rumah untuk Bertanam Sayur

Ibu Ibu Warga Desa Geni Langit  Untung Jutaan Rupiah Dari Berdayakan Pekarangan Rumah untuk Bertanam Sayur

Rasi Fm – Warga Desa Geni Langit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan memberdayakan pekarangan rumah mereka sebagai lahan bertanam sayur sayuran dengan media polybag. Lasmini salah satu warga Desa Geni Langit mengatakan, kegiatan bertanam sayur di pekarangan rumah sudah dilakukan ibu ibu didesanya sejak pandemic virus corona berlangsung sekitar 3 bulan lalu. Dari 100 polybag miliknya yang ditanami sawi, selada, kol, daun bawang, tomat Lombok dan berbagai tanaman sayur lainnya dia mengaku telah mengumpulkan uang Rp 500,000 . Saat ini didesanya memiliki kelompok ibu ibu yang menanam sayur dipekarangan rumah sebanyak 36 orang.
“Sewaktu waktu ada yang dipetik. (Pemasaran?) Ada yang datang sendiri, dari anggota sendiri banyak, tidak kesulitan. Tomat 2 .500, bungkul 7.000 konis, 2.000 yang paling mahal daun bawang 8.000,” ujarnya.
Sementara Petugas Penyuluh Lapangan PPL Kecamatn Poncol Sulis mengatakan, cuaca di Desa Geni Langit menurutnya memang cocok untuk tanaman sayur. Ibu ibu di desa setempat juga terbiasa bekerja disawah menanam sayur sayuran sehingga untuk melakukan perawatan tanaman sayur di polybag sudah tidak asing lagi.
“Kondisi wilayahnya mendukung, lebih cocok,. Orang sini rata rata petani sayur jadi sudah terbiasa. Macam macam ada yang 2 bulan sudah panen, ada yang 1 bulan sudah panen, ada yang 20 hari sudah panen, sawi slada itu 20 hari sudah panen. Pemasarannya ada tengkulak yang ke sini, ada yang wisatawan juga mampir kesini,” katanya.
Melalui program Pekarangan Pangan Lestari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan membantu kegiatan ibu ibu rumah tangga di Desa Geni Langit dengan membuatkan display atau tempat untuk memamerkan hasil kebun mereka. Selain di beli oleh para pedagang sayur, hasil pertanian sayur ibu ibu juga dibeli oleh wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Geni Langit.(DmS).

Baca Juga:  Diserang cabuk, Pendapatan Petani Kopi di Kecamatan Poncol Menurun

 157 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *