Connect with us

Politik

Lahan Pertanian Menyusut, Dinas Petanian Magetan Sosialisasi LP2B

Published

on

Lahan Pertanian Menyusut, Dinas Petanian Magetan Sosialisasi LP2B

Lahan Pertanian Menyusut, Dinas Petanian Magetan Sosialisasi LP2B

Rasi Fm – Cegah penyusutan lahan pertanian sebagai sarana ketahanan pangan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPH-PKP ) kabupaten Magetan melakukan sosialisasi program Lahan Pangan Produktif Berkelanjutan LP2B. Koordinator program LP2B Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPH-PKP ) kabupaten Magetan Listyorini mengatakan, sosialisasi dilakukan agar masyarakat petani di Kabupaten Magetan memahami pentingnya pemetaan pemanfaatan lahan pertanian untuk kepentingan non pertanian sehingga ketahanan pangan di Magetan tetap terjaga.
“Ini pemerintah memprediksi dengan perkembangan jaman semakin tahun semakin berkurang dengan adanya lahan pertanian, penduduk semakin meningkat. Lha ini kalau tidak segera dibuatkan aturan termasuk undang undang agar lahan yang dimiliki jangan semuanya digunakan untuk non pertanian,” ujarnya.
Sosialisasi program LP2B telah dilakukan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPH-PKP ) kabupaten Magetan sejak tahun 2018 dengan pendataan lahan. Di Kecamatan Panekan saat ini penyusutan lahan pertanian digunakan untuk perumahan, lahan untuk kandang ayam, tanaman perkebunan dan perikanan.
“Kemarin tahun 2018 sudah dilakukan pendataan lahan , ini tadi melaksanakan sosialisasi untuk diketahui mana mana lahan dilanjutkan untuk ditanami tanaman pangan, tanaman perkebunan hortikultura , termasuk diupayakan untuk peternakan kayak buat kandang ditengah sawah buat ayam termasuk perikanan. Kalau dilanjutkan seperti itu lahan itu disebut di LP2B,” imbuhnya.
Data dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur dari 38 kabupaten/kota baru ada 14 daerah yang memiliki perda LP2B. Sementara 24 daerah lainnya belum memiliki . Penyusutan lahan produktif hingga 2019 terus mengalami peningkatan. Luas lahan produktif di Jatim saat ini sekitar 1.214.000 hektar. Penyusutan lahan pertanian tahun 2019 diperkirakan mencapai lebih 9.000 hektar digunakan untuk perumahan, industri hingga pergudangan. (DmS)

Baca Juga:  Peringati Hut RI Ke 75, Pemkab Magetan Gelar Upacara di Masing Masing Kantor

 268 total views,  9 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *