Connect with us

Pendidikan

Hari Guru Nasional, Masih Banyak Guru di Magetan Gajinya Dibawah UMR.

Published

on

Hari Guru Nasional, Masih Banyak Guru di Magetan Gajinya Dibawah UMR.

Rasi Fm – Di hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November ternyata masih banyak guru honorer di Kabupaten Magetan yang menerima honor dengan besaran dibawah standar UMK.

Ketua PGRI Kabupaten Magetan Sundarto mengatakan, di Magetan terdapat 1.345 guru tidak tetap yang hanya menerima gaji antara Rp 200.000 hingga Rp 400.000.

“Gaji perkiraan kami tidak lebih dari Rp 400 sampai Rp 500 , di Magetan kemampuan rata rata sekolah kemampuan segitu. Uang yang dikelola SD juga tidak banyak karena muridnya sedikit sumbernya hanya dari BOS kalau pun ada nilai tambah itu partisipasi dari PNS,” ujarnya.

Baca Juga:  Masih Berada di Level 4, Pemkab Magetan Akan Gencarkan Vaksin

Sundarto menambahkan, tahun 2024 mendatang Kabupaten Magetan juga akan mengalami permasalahan kelangkaan guru mengingat banyaknya guru yang memasuki masa pensiun. Dia berharap pemerintah Kabupaten Magetan kembali melakukan pendataan terkait kebutuhan guru selain memperjuangkan nasib guru tidak tetap yang sudah puluhan tahun mengabdi namun belum juga berstatus pegawai negeri.

Baca Juga:  Siswa SMK Yoso Negoro Bikin Batako Paving Dari Bahan Bekas Yang Efisien Serap Air.

“Yang terdata di PGRI itu kekurangan guru SD sekitar 600 yang tersisa, berarti kekurangan guru 600 ditambah yang pensiun misal 400, berarti tahun depan kekurangan guru sudah 100 guru,” imbuhnya.

Baca Juga:  Dua Pendaki Yang Panjat Tugu Hargodumilah Minta Maaf Kepada KPH Lawu DS

Jumlah guru tidak tetap SD di Magetan tidak sepadan dengan banyaknya guru yang memasuki pensiun, sementara kuota ASN yang dibuka setiap tahun hanya sekitar 400 guru. Dari 1.345 guru tidak tetap di Magetan baru 328 guru yag diakomodir dalam perekrutan P3K. (DmS).

 34 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *