Connect with us

Pendidikan

Dinas Perpustakaan Magetan Tumbuhkan Budaya Membaca dan Menulis Melalui Arsip dan Literasi dengan Pemasyarakatan Arsip dan Budaya Literasi.

Published

on

Dinas Perpustakaan Magetan Tumbuhkan Budaya Membaca dan Menulis Melalui Arsip dan Literasi dengan Pemasyarakatan Arsip dan Budaya Literasi.

Rasi Fm – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan, menggelar kegiatan Pemasyarakatan Arsip dan Budaya Literasi di Gedung Literasi Kecamatan Plaosan. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan Suhardi mengatakan, kegiatan yang mengambil tema “Arsip Membuka Memori Menuju Kebanggan dan Menumbuhkan Budaya Membaca, Menulis dan Berfikir Kritis” dimaksudkan untuk mengajak masyarakat Magetan tertib arsip mengingat arsip merupakan dokumen penting untuk mendukung kesuksesan sebuah penyelenggaraan pemerintahan dari desa hingga pemerintah daerah.

Baca Juga:  Petakan Wilayah Rawan Bencana, BPBD Kabupaten Magetan Gelar Seminar Pendahuluan Penyusunan Kajian Resiko Bencana.

Dalam kegiatan Pemasyarakatan Arsip dan Budaya Literasi juga dimeriahkan dengan pameran arsip dari sejumlah OPD di Kabupaten Magetan, pencanangan nasional sadar arsip, pameran arsip, sarasehan kearsipan dengan mengundang seluruh perangkat desa serta lomba mocopat setingkat SLTP.

“Mulai hari ini tanggal 16 sampai 18 November kita ada kegiatan di Graha Literasi diantaranya kunjungan ke pameran arsip, pencanangan sadar tertib arsip, setelah ini kita ada sarasehan terkait dengan kearsipan mengundang seluruh perangkat desa se kecamatan plaosan. Ini pameran terus berjalan selama 3 hari, besok dalam rangka meningkatkan budaya daerah khususnya anak anak sekolah kita ada lomba mocopat tingkat SLTP,” ujarnya.

Baca Juga:  Dinas Perikanan Tebar 44.000 Benih Ikan Tombro dan Tawes di 5 Bendungan dan Embung

Sementara Wakl Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti, yang membuka langsung kegiatan mengatakan, melalui penyelenggaraan pameran arsip serta pemasyarakatan arsip dan budaya literasi Kabupaten Magetan ini menjadi wujud nyata dalam menjaga dan melestarikan sejarah. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2011, mengenai Pedoman Akses dan Layanan Arsip Statis.

Baca Juga:  Soal Pencemaran Dari Kampung Susu Lawu, DPRD Magetan Akan Gelar Rapat Dengar Pendapat.

” Tujuan dari kegiatan ini yaitu guna menggugah generasi muda untuk mencintai budaya daerah, khususnya Budaya Jawa. Arsip menjadi mata rantai yang berharga yang mengaitkan dan menyambung hari kemarin, hari sekarang, dan hari esok.” Ujarnya. (DmS)

 113 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *