Connect with us

Pendidikan

Deklarasikan Pendidikan Anti Korupsi dan Sekolah Siaga Kependudukan, SMPN 1 Barat Jadi Pioner

Published

on

Deklarasikan Pendidikan Anti Korupsi dan Sekolah Siaga Kependudukan, SMPN 1 Barat Jadi Pioner

Rasi Fm – SMPN 1 Barat, Kecamatan Barat Kabupaten Magetan memiliki sejumlah fasilitas untuk mengenalkan pendidikan karakter anti korupsi serta sekolah siaga kependudukan. Kepala Sekolah SMPN 1 Barat Endang Rukmini mengatakan, pendidikan antikorupsi dan pendidikan karakter serta Sekolah Siaga Kependudukan SSK di sekolahnya selain telah ditetapkan ke dalam kurikulum pembelajaran juga diimplementasikan ke dalam kegiatan ekstrakurikuler.

” SSK terintegrasi ke IPS, sementara anti korupsi kita integrasikan ke PPKN. Selain itu setiap aktifitas pembelajaran kita selipkan pendidikan anti korupsi dan KB, ” Ujarnya.

Baca Juga:  2.000 Anak Sekolah di Magetan Telah Divaksin Covid 19, PTM Tetap 50 Persen

Endang menambahkan, sebelumnya pendidikan anti korupsi dan pendidikan karakter serta pendidikan SSK telah diterapkan di kelas 8. Selain itu materi pendidikan antikorupsi dan pendidikan karakter serta SSK juga diberikan kepada siswa di kelas 7 dan 9 melalui kegiatan ekstrakurikuler.

“Kelas 8 sudah kita berikan untuk pendidikan antikorupsi dan pendidikan karekater. Sementara kelas 9 dan 7 kita berikan melalui kegiatan ektraskurikuler pramuka melalui pemutaran video, ” Imbuh Endang.

Untuk mendukung kegiatan pendidikan antikorupsi dan pendidikan karakter serta SSK SMPN 1 Barat juga memiliki pojok SSK yang berisi buku dan pamflet sosialisasi terkait kependudukan. Kegiatan pendidikan antikorupsi bahkan telah dilakukan pendampingan oleh Inspektorat Magetan serta terintegrasi langsung dengan KPK.

Baca Juga:  Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kabupaten Magetan Santuni Anak Yatim, Bupati Magetan Ajak ASN Jadi Orang Tua Asuh.

” Dengan adanya fasilitas yang kita berikan anak anak justru lebih berkembang dengan adanya pembuatan video dan karya seni seperti pamflet dan lukisan. Kita juga pernah mengikuti zoom meeting dengan KPK mengenai anti korupsi. Agen anti korupsi dari SMPN 1 Barat akan mendapat pendampingan dari Inspektorat dan SSK akan mendapat pendampingan dari Dinas KB, ” Ucapnya

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Magetan Suwoto mengaku memberikan apresiasi kepada SMPN 1 Barat atas keberhasilannya membimbing siswa melalui kegiatan pendidikan antikorupsi dan pendidikan karakter serta SSK. Dia berharap terobosan yang dilakukan SMPN 1 Barat akan menjadi model bagi sekolah lain untuk mengembangkan kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Pertengahan Bulan Maret Siswa Akan Terima Kuota Internet Dari Kementerian.

” Kegiatan sudah dilakukan dan kemarin deklarasi. Harapan ke depan SMPN 1 Barat menjadi pemantik yang lain supaya ikut bergerak dalam rangka mensukseskan program pemerintah tentang kependudukan dan anti korupsi,” Katanya. (DmS)

Berita Dalam Bentuk Audio Visual Klik DISINI

 830 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *